Comscore Tracker

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa di BKT Layaknya Piknik

Tukang kopi sediakan tikar, waduh kayak piknik beneran~

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warga menikmati pemandangan dan duduk layaknya piknik di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT) Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pemandangan yang mereka lihat adalah limbah busa deterjen yang menyerupai salju di aliran sungai BKT. Pemandangan itu berlangsung pada Rabu (1/7) malam.

"Jarang-jarang juga lihat pemandangan seperti salju begini. Sekadar foto-foto aja sih," ujar Rayyan (25) warga Duren Sawit, seperti dilansir melalui Antara, Kamis (2/7).

1. Warga yang memandangi busa disediakan tikar oleh tukang kopi

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa di BKT
Layaknya PiknikWarga Jakarta meluangkan waktu untuk bersantai di bantaran Sungai Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020). Gumpalan busa serupa salju menjadi pemandangan unik bagi pendatang untuk sekadar melepas lelah usai bekerja (ANTARA/Andi Firdaus)

Rayyan yang merupakan karyawan salah satu perusahaan kredit kendaraan di Jakarta tersebut duduk di sana untuk melepas penat setelah menyebar brosur produk kepada sejumlah pengunjung di BKT.

Kehadiran warga di sana tampak difasilitasi sejumlah tikar oleh pedagang asongan.

"Memang biasanya saya bawa tikar untuk yang beli kopi di tempat saya," ujar Kasno (40) pedagang kopi.

Baca Juga: Ada Busa Salju di Sungai Banjir Kanal Timur, Warga Ramai-ramai Nonton

2. Terbentuk karena ada endapan limbah rumah tangga

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa di BKT
Layaknya PiknikBusa mirip salju menutupi permukaan sungai Banjir Kanal Timur (BKT) (Antara/Andi Firdaus)

Meskipun limbah yang ada di aliran sungai itu mengeluarkan aroma yang tak sedap, sejumlah warga tetap tampak santai dan menikmati suasana malam di bantaran sungai BKT.

Terkait dengan fenomena busa itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, gumpalan busa putih di permukaan air Sungai Banjir Kanal Timur (BKT), terbentuk karena endapan detergen limbah rumah tangga yang terangkat oleh turbulensi arus.

"Fenomena turbulensi aliran akibat ketinggian yang berbeda dari sisi yang berlawanan dan dipicu oleh penutupan Pintu Air Weir 1 Malaka Sari," kata dia, Minggu (28/6).

3. Gumpalan busa sudah ditindaklanjuti oleh pihak LH DKI

Warga Jakarta Nikmati Pemandangan Limbah Busa di BKT
Layaknya PiknikPermukaan aluran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) terkontaminasi gumpalan busa putih serupa salju, Minggu (28/6/2020). Situasi itu menjadi pemandangan unik bagi peserta Car Free Day (CFD). (ANTARA/Andi Firdaus

Andono menjelaskan bahwa busa itu muncul di sekitar Pintu Air BKT WEIR - 1 Malaka Sari, Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.

Gumpalan busa yang menyerupai salju itu telah ditindaklanjuti jajaran Dinas LH DKI Jakarta sejak Sabtu (27/6).

Namun hingga Rabu malam busa itu masih bermunculan walaupun proses pembukaan pintu air sudah dihentikan.

Baca Juga: Busa Mirip Salju Muncul di Sungai BKT, Ini Kata Kepala Dinas LH DKI 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya