Warga NTT Ramaikan Pelantikan Jokowi dengan 3 Tarian, Ini Filosofinya

Mereka menyambut Jokowi di Istana

Jakarta, IDN Times - Ratusan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Diaspora Flobamora berkumpul di Taman Aspirasi Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (20/10), untuk merayakan pelantikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Merika terlihat mengenakan pakaian adat NTT. Mereka menarikan tiga tarian asal daerahnya, yakni tari Kataga dari Sumba Barat, Okomama dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Hegong, Maumere.

Ketua Relawan Jo'mari Flobamora Mikael Umbazasa menjelaskan filosofi dari ketiga tarian yang mereka bawakan. Yakni sebagai tarian penyambutan tamu agung ke istana.

"Ya, ada kalau tarian Hegong itu adalah tarian untuk penjemputan atau tarian mengantar tamu agung untuk memasuki Istana. Memang kami sudah siapkan kalau Jokowi habis pelantikan, untuk masuk dan itu panitia sudah tahu," ujar dia.

Rencananya, mereka akan menari untuk menyambut Jokowi ketika tiba di Istana Negara.

Selanjutnya, tarian Kataka adalah tarian Heroik dari Sumba, Pulau Sumba, yang menunjukkan perubahan Indonesia tidak boleh lagi ada yang mengganggu Indonesia dan negara ini harus bersatu.

Lalu, tarian Okomama, Mikael menjelaskan, adalah tarian penyambutan tamu dengan menyuguhkan sirih pinang dislempangkan pada tamu, sebagai tanda selamat datang.

"Atau undangan kami kepada petinggi-petinggi negeri ini, supaya sering-sering lah datang ke NTT, karena kami selama ini terkebelakang, segala macam. Mudah-mudahan dengan Jokowi lima tahun lagi, perhatiannya lebih kenceng lagi untuk NTT," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Resmi Jadi Presiden Lagi, Ini Harapan Ahok

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya