Yana Mulyana Diduga Tersandung Program Smart City Bandung 

Sembilan orang terjaring OTT KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Bandung, Jumat (14/4/2023).

“Menerima hadiah atau janji yang dilakukan penyelenggara negara dalam pengadaan barang jasa berupa CCTV dan jaringan Internet pada program smart city Kota Bandung,” kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023).

Firli menjelaskan KPK terus berupaya memberantas korupsi. Dengan adanya OTT ini dia mengatakan KPK tetap ada dan tidak pernah menyerah membersihkan Indonesia dari segala praktik korupsi.

"Satu lagi kepala daerah ditangkap karena melakukan korupsi. Saya pernah menyampaikan pada saat rakor dengan seluruh kepala daerah bahwa kalau kepala daerah masih korupsi pasti kami tangkap. Itu dibuktikan hari ini Wali Kota Bandung YM ditangkap menyusul Bupati Meranti," katanya.

1. Sembilan orang termasuk Yana kena OTT

Yana Mulyana Diduga Tersandung Program Smart City Bandung Jubir KPK, Ali Fikri di KPK, Senin (3/4/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebanyak sembilan orang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (14/4/2023) malam. Salah satunya adalah Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

“Jumlah orang yang ditangkap sejauh ini sembilan orang termasuk walikota dan beberapa pejabat lainnya di Dinas Perhubungan Kota Bandung,” ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga: Kena OTT KPK, Harta Wali Kota Bandung Yana Mulyana Rp8,5 Miliar

2. Suap pengadaan CCTV dan internet

Yana Mulyana Diduga Tersandung Program Smart City Bandung Instagram.com/@kangyanamulyana

Ali menyebut politikus Partai Gerindra itu tertangkap tangan karena suap pengadaan CCTV dan internet, dan ternyata terkait dengan smart city.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung definitif pada Senin, 18 April 2022. Namun, belum genap setahun dilantik, Yana sudah terjaring OTT Komisi (KPK).

Dalam tangkap tangan ini, KPK menemukan sejumlah uang yang diduga terkait suap tersebut. Uang yang ditemukan dalam pecahan rupiah.

3. Ini OTT ketiga KPK pada 2024

Yana Mulyana Diduga Tersandung Program Smart City Bandung Yana Mulyana Dok. Humas Pemkot Bandung

Ali menjelaskan bahwa mereka sudah dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan dan tengah menjalani pemeriksaan.

Diketahui, ini adalah OTT ketiga KPK pada April 2023. Sebelum Yana, KPK menangkap tangan pejabat DJKA Kementerian Perhubungan dan Bupati Kepualauan Meranti Muhammad Adil.

Baca Juga: 9 Orang Kena OTT KPK Termasuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya