Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 Kasus

UAS sempat mediasi dengan istrinya

Jakarta, IDN Times - Nama Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali menjadi topik fenomenal di media massa. Ustaz yang bernama asli Abdul Somad Batubara ini merupakan salah satu pendakwah populer yang memiliki jutaan pengikut di media sosial.

Pria kelahiran Asahan, Sumut, 41 tahun lalu, merupakan ahli hadis dan fikih. UAS merupakan pendakwah yang memiliki gaya yang khas, ia tak jarang menyampaikan ceramah dengan tegas dan penuh humor, beberapa kontennya pun tidak jarang menuai kontroversi.

Berikut beberapa kontroversi UAS yang sempat menghebohkan publik.

1. Menceraikan istrinya di pengadilan

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 KasusUstaz Abdul Somad. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ustaz Abdul Somad dikabarkan telah menceraikan istrinya, Mellya Juniarti. Sidang perceraian diputuskan Pengadilan Agama Bangkinang pada Selasa (3/12).

Sang istri tidak menepis kabar tersebut, "Benar," jawab Mellya dalam akun Instagram-nya saat dikonfirmasi media seperti dikutip dari bertuahpos.com.

Dilansir dari media lokal tersebut, UAS disebut menjadi pihak yang melayangkan gugatan perceraian.

Sementara, Pengacara Ustaz Somad, Hasan Basri, membenarkan kabar perceraian kliennya.

"Kemarin sudah diputus oleh pengadilan. Saya selaku kuasa hukumnya," kata Hasan kepada IDN Times saat dihubungi, Rabu (4/12) malam.

Pengadilan yang dimaksud adalah Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Hasan mengatakan proses perceraian mulai bergulir Juli 2019. Sempat dilakukan mediasi sebelum akhirnya diputuskan cerai di pengadilan.

"Mediasi beberapa kali tapi tidak berhasil, kemudian berlanjut beberapa kali sidang," kata dia.

Selama proses persidangan, Hasan melanjutkan, Ustaz Somad tak pernah hadir. "Selalu diwakili saya selaku kuasa hukum," kata dia.

Hasan enggan menjelaskan apa yang menyebabkan perceraian antara Abdul Somad dengan istrinya. "Nanti UAS akan jumpa pers," ujar dia.

2. Sempat ditolak di beberapa daerah di Indonesia

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 KasusInstagram/@ustadzabdulsomad

UAS sempat beberapa kali ia ditolak saat dijadwalkan memberi ceramah di beberapa daerah di tanah air. Ustaz lulusan Universitas Al-Azhar, Mesir ini pernah ditolak di Bali pada penghujung 2017. 

Ia juga pernah menerima penolakan di Hong Kong hingga harus dideportasi. Pembatalan ceramah UAS juga pernah dilakukan PLN Disjaya Gambir (Jakarta). Daftar penolakan lainnya yakni ketika ia hendak memberikan ceramah di Pondok Pesantren Alhusna Mayong, Jepara, Jawa Tengah.

Baca Juga: Klarifikasi Ustaz Abdul Somad Soal Ceramah Salib yang Jadi Viral

3. Pernah mendapat ancaman berupa intimidasi

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 Kasus(Ustaz Abdul Somad bersama Ustaz Felix Siauw, Ustaz Oemar Mita, Ustaz Hanan Attaki) Instagram/@ustadzabdulsomad

Selain mengalami penolakan, UAS juga pernah diintimidasi. Melalui akun Instagramnya @ustadzabdulsomad, UAS juga pernah mengunggah pengumuman pada Senin (3/9/2018) lalu. Terkait penolakannya di beberapa daerah, ia menyatakan:

• Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan, dan lain-lain terhadap taushiyah di beberapa daerah seperti di Grobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang.
• Beban panitia yang semakin berat
• Kondisi psikologis jamaah dan saya sendiri

Maka, saya membatalkan beberapa janji di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta:
• September di Malang, Solo, Boyolali, Jombang, Kediri
• Oktober di Yogyakarta
• Desember janji dengan Ustadz  Zulfikar di Jawa Timur

Mohon maaf atas keadaaan ini, harap dimaklumi, dan mohon doakan selalu.

4. Sempat akan dicalonkan sebagai cawapres Prabowo Subianto

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 KasusInstagram/@ustadzabdulsomad

UAS juga pernah menarik perhatian publik jelang pendaftaran pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019. Saat itu ia pernah disebut-sebut menjadi pasangan Prabowo Subianto untuk maju ke Pilpres 2019. 

Usulan UAS menjadi cawapres Prabowo Subianto ini disampaikan oleh Ijtima Ulama. Namun pada akhirnya, Sandiaga Uno yang digandeng oleh Prabowo.

UAS pun memberikan pernyataan kepada publik melalui beberapa media, bahwa dirinya memang tidak tertarik pada dunia politik. Ia hanya ingin fokus berdakwah.

Baca Juga: Video: Ustaz Abdul Somad Tolak Jadi Timses Capres

5. Pernah timbulkan perdebatan akibat ceramahnya

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 Kasus(Ustaz Abdul Somad bersama Wakapolri Komjen Pol Syafruddin) Instagram/@ustadzabdulsomad

UAS juga beberapa kali menjadi sorotan di dunia maya karena video-video ceramahnya yang kontroversional. Sebut saja video ceramahnya perihal LGBT dan kedai kopi ternama, di mana jika setiap merek membeli kopi di sana akan masuk neraka, karena pendirinya merupakan orang yang pro akan LGBT. 

Lalu ada juga dakwahnya yang menjadi fenomenal sesaat terjadinya ledakan bom di Surabaya. Namun dalam pernyataannya UAS merasa bahwa video ceramahnya tidak sesuai konteks dan telah dipotong sehingga menimbulkan makna berbeda.

6. Pernah dihina warganet di Facebook

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 KasusInstagram/@ustadzabdulsomad

Seorang kontraktor bernama Jony Boyok alias JB dilaporkan karena diduga melakukan pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam laman Facebook-nya, JB menghina UAS  pada 2 September 2019 dengan mengunggah kalimat yang tidak sepatutnya dilontarkan pada seseorang. 

Dalam statusnya, JB mengatakan UAS dapat perusak kerukunan beragama.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setiawan mengatakan, penyidik masih butuh keterangan beberapa orang saksi lagi.

"Belum ada penetapan tersangka, masih memeriksa saksi lainnya, termasuk tiga saksi lain selain pelapor (UAS)," kata Gidion. 

UAS sebelumnya juga telah dimintai keterangan sebagai saksi korban. Ada 10 pertanyaan yang ditanyakan penyidik kepada ulama kenamaan ini.

Atas tindakannya, JB dapat dikenai pasal 27 ayat 3 UU Informasi dan Transaksi Elektronik, dan terancam hukuman empat tahun penjara dan denda Rp750 juta.

7. UAS dilaporkan ke Polri akibat video dakwah soal salib

Resmi Ceraikan Istrinya, Ustaz Abdul Somad Pernah Jadi Sorotan 7 KasusIDN Times/Istimewa

Kasus terhangat yang dihadapi UAS saat ini adalah video dakwahnya yang viral dianggap melakukan penistaan agama. Dalam potongan video yang beredar di media sosial Twitter itu, UAS mengungkit soal hukum melihat salib, setelah mendapat pertanyaan dari catatan di selembar kertas.

Video tersebut pun langsung diserbu beragam komentar, khususnya dari umat Kristiani. UAS dianggap telah menghina Tuhan dan agama mereka.

Buntut penyebaran video yang kabarnya diambil saat UAS ceramah di Pekanbaru itu, kelompok masyarakat akan melaporkan tokoh agama asal Riau itu ke Mabes Polri.

Potongan video ceramah UAS yang viral di media sosial itu diunggah oleh akun Twitter @P3nj3l4j4h. Dalam ceramahnya, UAS menjawab pertanyaan seorang jemaahnya mengenai salib. UAS menjawab salib adalah jin kafir, sebab pada salib terdapat jin kafir. 

Sejak postingan itu beredar, UAS menutup kolom komentar di akun Instagramnya. 

Penjelasan UAS melalui pengajian yang diunggah oleh akun YouTube FSRMM TV, Minggu (18/8). Video berjudul 'Klarifikasi Tentang Anggapan Ustadz Abdul Somad Menghina Kristen / Menghina Salib' itu berdurasi 57 menit.

"Saya sedang dilaporkan ke Polda Nusa Tenggara Timur karena dianggap penistaan agama. Sudah baca beritanya?" kata UAS dalam video itu.

UAS memberikan tiga poin klarifikasi. Pertama, UAS menuturkan dia hanya menjawab pertanyaan dari anggota jemaah. Kedua, UAS mengaku kajiannya disampaikan dalam forum tertutup di masjid.

"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola. Bukan di TV, tapi untuk intern umat Islam menjelaskan pertanyaan umat Islam mengenai patung dan tentang kedudukan Nabi Isa. Untuk orang Islam dalam sunah Nabi Muhammad," jelas UAS.

Dalam poin terakhir, UAS menegaskan ceramah tersebut sudah lama, yakni sekitar tiga tahun lalu di salah satu masjid di Pekanbaru, Riau.

"Pengajian itu lebih tiga tahun lalu. Sudah lama, di kajian subuh Sabtu, di Masjid Annur, Pekanbaru. Karena rutin pengajian di sana, satu jam pengajian dilanjutkan diteruskan dengan tanya jawab, tanya jawab," jelas UAS.

UAS heran pernyataannya tersebut baru viral sekarang. Dia pun berjanji tidak akan lari bila video tersebut dipermasalahkan.

"Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut, karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini: http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: GMKI Laporkan Ustaz Abdul Somad soal Video Hukum Melihat Salib

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya