Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga Motor

Bentuk apresiasi kepada anak muda nih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membeli produk lokal karya anak muda Indonesia. Jokowi membeli sebuah jaket di acara IdeaFestX yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC). 

Jaket berwarna coklat terang itu langsung dipakai Jokowi berkeliling JCC. Tahun ini IdeaFestX mengusung tema C yang diambil dari kata generasi C, yakni Connected Generation dan Collaboration.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Jokowi mengapresiasi produk lokal dengan cara membelinya, sebelumnya Jokowi juga pernah membeli kopi, sepatu, jaket, hingga sebuah sepeda motor.

1. Jokowi jajan kopi lokal

Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga MotorInstagram.com/tokokopituku

Pada 2017 Presiden Jokowi pernah menyambangi toko Kopi Tuku yang berada di Jalan Cipete Raya, Jakarta. Kopi Tuku merupakan kopi lokal karya Andanu Prasetyo.  

Pada kunjungannya kala itu Jokowi bersama ibu negara Iriana, mencicipi kopi susu tetangga yang langsung direkomendasikan oleh Andanu Prasetyo.

2. Jokowi kenakan jaket ala Dilan

Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga MotorInstagram.com/nevertoolavish

Jokowi bukan hanya sekali kepergok mengenakan Jaket lokal karya anak muda Indonesia. Pada April 2018 Jokowi kepergok mengenakan jaket jeans bergaya ala Dillan saat melakukan touring menuju Sukabumi. 

Jaket jeans yang ia kenakan berdesain peta Indonesia dengan warna merah putih sesuai bendera Indonesia, lalu bagian belakang jaket terdapat tulisan "Indonesia". Jaket asli buatan tangan tersebut merupakan karya dari  Never Too Lavish dan dibeli oleh sang Presiden dengan harga Rp4 juta.

3. Jokowi naik moge modifikasi anak muda Indonesia

Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga MotorTwitter/@jokowi

Saat melakukan touring menuju Sukabumi Jokowi mengendarai motor Royal Enfield Bullet berkapasitas mesin 350 cc yang telah dimodifikasi oleh Bengkel Elders Garage. Motor dengan gaya retro ini merupakan hasil karya tangan dari Elders Company yang telah berdiri sejak 2014. 

Laman resmi Royal Enfield Indonesia menuliskan harga asli Royal Enfield Bullet sekitar Rp64,5 juta. Motor tersebut dimodifikasi dengan warna emas dan gaya stang yang tinggi.

Baca Juga: Selain Motor Jokowi, Ini Mobil Unik Yang Dipamerkan di IIMS 2018

4. Alas kaki Jokowi karya anak lokal

Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga MotorInstagram.com/nah.project

Presiden Joko Widodo juga pernah mengenakan alas kaki karya anak muda Indonesia. Nah Project merupakan salah satu merek sepatu lokal yang kerap digunakan Presiden. Nah Project merupakan karya anak muda Indonesia yang dirilis pada Oktober 2017. 

Selain itu Jokowi juga pernah menggunakan sepatu kulit asal bandung Exodos57. Pada Sumpah Pemuda tahun 2017, pemilik merek sepatu lokal Exodos57 mendapat kesempatan bertemu Presiden Jokowi. Sepatu kulit ini merupakan karya Yudo Septianto Panji.

5. Jaket Garang karya Rawtype Riot

Hobi Jokowi Belanja Produk Lokal, Mulai dari Jaket Hingga MotorInstagram.com/rawtype_riot

Presiden juga pernah mengenakan Jaket yang diproduksi oleh Rawtype Riot yang merupakan produk asli Bandung. Jaket itu dibeli Jokowi saat peringatan hari Sumpah Pemuda 2017. Decky Sastra merupaka pemilik dari merek jaket garang tersebut. 

Baca Juga: Ini Harga Sepatu Jokowi saat Makan Malam bareng Parpol Koalisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya