Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang ke Tanah Air

Kloter pertama jemaah haji dari Palembang

Jakarta, IDN Times - Setelah melakukan ibadah haji sejak 18 Juli 2018, jemaah haji dari kloter pertama Palembang, Sumatera Selatan, akan segera menginjakkan kaki di Tanah Air. Pemulangan jemaah haji kloter pertama ini telah dimulai sejak Minggu (26/8) malam waktu Arab Saudi.

Jamaah Indonesia dalam kloter PLM-01 secara bertahap berkumpul di lobi hotel Wafa El Ehsan Misfalah. Sebelum resmi dipulangakan, mereka terlebih dahulu dikumpulkan dalam acara pelepasan yang diadakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

1. Duta Besar Indonesia melepas pemulangan jemaah haji

Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang ke Tanah AirANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pemulangan jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi dilakukan pada Senin dini hari waktu Arab Saudi. Dilansir kantor berita Antara, Senin (27/8), Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel turut melepas kepulangan rombongan sebelum terbang ke Tanah Air.

"Selamat Anda telah selesai menjalani ibadah haji," kata Agus kepada jemaah haji Palembang saat melakukan pelepasan di Hotel Wafa El Ehsan Misfalah, Mekah, Arab Saudi, Minggu (26/8).

Baca Juga: Kemenag: Jemaah Haji Jangan Panik Saat Ada Badai

2. Penerbangan kloter selanjutnya

Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang ke Tanah AirANTARA FOTO/Risky Andrianto

Kloter PLM-01 merupakan satu dari 15 kloter keberangkatan pertama yang akan dipulangkan ke Tanah Air. Esoknya kloter-kloter gelombang pertama yang lain juga akan menyusul untuk terbang ke Indonesia dari Bandara KAAIA Jeddah. 

Lain dengan kloter gelombang pertama, kloter gelombang kedua masih meneruskan rangkaian perjalanan ibadah mereka dan akan bergerak dari Mekkah menuju Madinah.

3. Jemaah Indonesia terkenal tertib, rapi, sopan, dan bagus

Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang ke Tanah AirANTARA FOTO/Septianda Perdana

Agus Maftuh juga menuturkan Pemerintah Arab Saudi memiliki pandangan baik perihal jemaah haji asal Indonesia. Saudi menilai jemaah haji Indonesia beribadah dengan
tertib, sopan, rapi, dan bagus.

Setelah mendapat panilaian baik dari Pemerintah Arab Saudi, Agus berpesan, kepada para jemaah haji Indonesia agar memelihara nilai-nilai baik tersebut.

Semoga jemaah haji Indonesia sampai ke Tanah Air dengan selamat ya guys.

Baca Juga: Puncak Haji, Pemerintah Siapkan Tim Mobile Crisis & Rescue 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya