Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-Emak

Prabowo-Sandiaga banyak dipilih kaum terpelajar

Jakarta, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei politik jelang Pilpres 2019. Survei membahas topik mengenai siapakah yang unggul dalam Pilpres 2019, apakah pasangan Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei ini dilakukan selama 12 hingga 19 Agustus 2018, menggunakan metode multistage random sampling. Survei ini melibatkan sekitar 1.200 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, serta dilengkapi dengan focus group disscusion, analisis media dan wawancara mendalam. Sementara, margin error kurang lebih 2,9 persen.

Hasil dari survei ini menggambarkan, ternyata kaum emak-emak lebih menaruh hati pada pasangan Jokowi-Ma'ruf. Kok bisa ya?

1. Jokowi-Ma'ruf berhasil mencuri hati kaum emak-emak

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-EmakANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sepertinya istilah 'the power emak-emak' tidak hanya berlaku di jalanan saat mereka menggunakan sen kiri ketika hendak belok kanan. Nyatanya, kaum emak-emak juga berhasil meramaikan ranah politik.

Sandiaga yang selama ini disebut-sebut digandrungi kaum emak-emak di di berbagai kesempatan, justru dalam survei ini hasilnya sebaliknya, pasangan Jowoki-Ma'ruf menang telak.

Jokowi-Ma'ruf menang dua digit dibanding pasangan Prabowo-Sandiaga. Sebanyak 50,2 persen kaum perempuan menaruh pilihan mereka pada pasangan petahana ini.

Sedangkan, sekitar 27,9 persen responden perempuan memilih Prabowo-Sandiaga, dan sisahnya sekitar 19,8 persen belum memberikan pilihannya pada siapapun.

Baca Juga: Kata Djoko Santoso soal Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga 

2. Enam kantong suara diperebutkan

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-EmakANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Survei ini membahas enam segmen, yakni pemilih muslim, nonmuslim, wong cilik, perempuan, dan kaum terpelajar serta kaum millennials. Total ada sekitar lima kantong suara yang dimenangkan Jokowi-Ma'ruf dan berhasil membawa pasangan ini menjadi sangat dominan.

Pasangan Prabowo-Sandiaga hanya mendapat satu kantong suara dari segmen pemilih kaum terpelajar. Jokowi kalah dalam segmen pemilih kaum ini, dengan perbandingan satu digit, Prabowo-Sandi mendapat angka 44,5 persen sedangkan Jokowi-Ma'ruf berada di angka 40,4 persen, sedangkan sisanya sekitar 15,1 persen belum memutuskan haluannya.

3. Jokowi-Ma'ruf mencapai magic number

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-EmakIDN Times/Indiana Malia

Dalam survei ini, Jokowi-Ma'ruf telah mencapai the magic number. Ketika para responden ditanya calon presiden dan calon wakil presiden, yang akan mereka pilih jika Pilpres 2019 diadakan saat survei, hasilnya sekitar 52.2 persen responden menjawab Jokowi-Ma'ruf, dan sekitar 29,5 persen memilih Prabowo-Sandi. Sedangkan, 18.3 persen sisanya merahasiakan atau bahkan belum bisa memutuskan.

Kalau kamu memilih pasangan mana guys?

Baca Juga: Jokowi Sibuk, Nama Ketua Tim Pemenangan Ditunda Lagi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya