Asyik! Koper Jemaah Haji Bakal Diantar Sampai Kamar Hotel

Kemenag meningkatkan fasilitas dan pelayanan jemaah haji.

Jakarta, IDN Times - Sejumlah persiapan terus digenjot Kementerian Agama jelang keberangkatan jemaah haji kloter pertama pada 17 Juli 2018 mendatang.

Salah satunya adalah pelayanan di penginapan jemaah haji Indonesia selama berada di Arab Saudi. Apa yang berbeda di tahun ini?

1. Koper diantar sampai kamar hotel  

Asyik! Koper Jemaah Haji Bakal Diantar Sampai Kamar HotelKemenag.go.id

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, salah satu peningkatan yang diberikan adalah jasa pengantaran koper milik jemaah haji sampai ke kamar hotel mereka.

"Tahun lalu, angkut koper dari lobby hotel ke kamar dilakukan oleh jemaah. Tahun ini kita minta pemilik hotel sediakan petugas angkut koper jemaah dari lobby ke kamar," kata Sri seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Agama, Senin (2/7).

2. Kemenag sewa hotel dengan standar minimal bintang tiga  

Asyik! Koper Jemaah Haji Bakal Diantar Sampai Kamar HotelPixabay.com

Kemenag telah menyewa sebanyak 165 hotel di Mekah bagi jemaah Indonesia untuk musim haji 1439H/2018M. 16 hotel di antaranya disewakan multi years selama tiga tahun. 165 hotel tersebut tersebar di tujuh wilayah, yaitu Jarwal, Misfalah, Raudhah, Mahbas Jin, Syisyah, Aziziah dan Rei Bakhsy.

Berdasarkan keterangan Sri, Kemenag menyewa kembali 109 hotel karena dinilai memberikan pelayanan yang baik pada musim haji tahun lalu.

Sementara itu, untuk akomodasi di Madinah, Kemenag menyewa 107 hotel dengan pembagian sebanyak 32 hotel disewa satu musim penuh dan 75 hotel lainnya disewa paruh waktu.

3. Sejumlah layanan dari tahun lalu tetap berjalan  

Asyik! Koper Jemaah Haji Bakal Diantar Sampai Kamar HotelPixabay.com

Sri memastikan sejumlah layanan yang sudah berjalan baik di tahun lalu akan tetap berjalan di tahun ini.

"Salah satunya adalah keharusan pihak hotel untuk menyediakan air mineral sebanyak satu liter per hari," ujar Sri.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya