Gaya 5 Kandidat Cawapres Jokowi di Pemilu 2019, Siapa Paling Kece?

Mereka santer disebut bakal mendampingi Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo mendapat dukungan untuk kembali mencalonkan diri pada pemilihan presiden 2019 mendatang.

Sejumlah nama pun sudah ramai disebut-sebut sebagai kandidat yang akan mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden.

"Kita berharap yang pasti orang yang beliau tunjuk orang yang bagus, hebat, dan surprise bagi teman-teman," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, seperti dikutip Dari Antara, Rabu (11/7).

Berikut ini lima nama yang digadang-gadang menjadi kandidat calon wakil presiden Jokowi.

1. Muhaimin Iskandar, gayanya kekinian

Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini akrab disapa Cak Imin. Bicara soal pengalaman, Cak Imin sudah mulai membangun karier politiknya sejak 1998 dengan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PKB. Satu tahun kemudian, Cak Imin terpilih menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat periode 1999 - 2004 dan 2004 - 2009. Saat itu Cak Imin masih berusia 33 tahun, lho, dan ia menjadi pimpinan DPR termuda pada masa itu.

Pengalaman Cak Imin berlanjut dengan menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009 - 2014. Saat ini, Cak Imin menjadi ketua umum PKB.

2. Sri Mulyani Indrawati, elegan dan smart

Pengalaman Sri Mulyani dalam bidang ekonomi tidak perlu diragukan. Karier ekonominya yang cemerlang sempat membuat Sri Mulyani dipercaya menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 2010 - 2016.

Ia dua kali menjabat sebagai Menteri Keuangan RI. Pertama, saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005 - 2010 dan saat ini di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

3. Tuan Guru Bajang, kalem dan meneduhkan

Tuan Guru Bajang (TGB), yang memiliki nama asli Muhammad Zainul Majdi, adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat selama dua periode, yaitu periode 2008 - 2013 dan 2013 - 2018.

Tokoh ulama muda yang lahir di Selong, 31 Mei 1972 ini dikenal sebagai sosok yang cerdas nan bersahaja. Di bawah kepemimpinan TGB, tingkat pengangguran terbuka di Provinsi NTB dapat berkurang dan kini NTB menempati posisi keenam dari 34 provinsi yang memiliki tingkat pengangguran terbuka yang rendah.

4. Susi Pudjiastuti, semua pasti sudah tahu gayanya yang apa adanya tapi kerjanya luar biasa

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019. Sebelumnya, Susi adalah seorang pebisnis di bidang perikanan.

Ia sering mendapat sorotan karena gayanya yang nyentrik. Misalnya, saat sedang berselancar di tengah laut, Susi menikmati waktunya sambil minum kopi. Atau, saat sedang mengampanyekan pentingnya makan ikan. Pasti kita tidak lupa kata-kata Bu Susi : "Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan." 

5. Chairul Tanjung, kebapakan dan pastinya kaya akan pengalaman di bisnis

Chairul Tanjung berasal dari kalangan pengusaha. Bahkan, ia termasuk ke dalam daftar 20 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada Maret 2017.

Ia memimpin CT Corp yang membawahi usaha jasa keuangan, media, properti, travel dan bisnis retail. Chairul Tanjung pernah menulis buku mengenai perjalanan hidupnya yang berjudul Chairul Tanjung si Anak Singkong.

Meski lebih terkenal sebagai pebisnis, Chairul Tanjung pernah memiliki pengalaman di pemerintahan saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia periode 19 Mei - 20 Oktober 2014, Pelaksana Tugas Menteri Kehutanan periode 1 Oktober - 20 Oktober 2014 dan Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 11 September - 20 Oktober 2014.

Menurutmu siapa yang paling pas menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 besok?

Baca juga: Demokrat Tak Halangi TGB jika Ditarik Jokowi Menjadi Cawapres

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya