Ini Bukti Pulau Jawa Layak Dinobatkan Jadi Pulau Terbaik di Dunia

Pariwisata Indonesia memang keren!

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini, majalah traveling Travel + Leisure mengumumkan daftar pulau terbaik di dunia tahun 2018. Daftar tersebut dibuat berdasarkan survei yang dilakukan kepada pembacanya mengenai pengalaman mereka selama berwisata di suatu pulau, yaitu dari segi aktivitas yang dapat dilakukan, wisata alam dan pantai, makanan dan juga keramahan penduduk lokal.

Dari 15 pulau terbaik di dunia, tiga pulau teratas dimiliki oleh Indonesia, lho. Posisi ketiga ditempati oleh Pulau Lombok, kemudian ada Pulau Bali, dan peringkat teratas pulau terbaik di dunia jatuh kepada Pulau Jawa.

“Penghargaan ini memiliki nilai yang sangat luar biasa. Hal ini membuktikan jika potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia telah merata. Sebab sebelumnya, award didominasi Bali dan Lombok. Penghargaan ini juga bagus bagi Bangsa Indonesia yang sedang bersiap menjadi tuan rumah Asian Games dan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers Kementerian Pariwisata (14/7).

Berikut ini deretan fakta yang bikin kita semakin yakin kalau Pulau Jawa memang istimewa!

1. Pulau Jawa menyuguhkan keindahan panorama alam

Ini Bukti Pulau Jawa Layak Dinobatkan Jadi Pulau Terbaik di Duniabromowisata.co.id

Pulau Jawa punya bentangan alam yang indah dan beberapa di antaranya menjadi objek wisata alam. Contohnya seperti Gunung Bromo di Jawa Timur, Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta, dan Pantai Pasir Putih di Kepulauan Seribu.

2. Empat warisan dunia UNESCO ada di tanah Jawa

Ini Bukti Pulau Jawa Layak Dinobatkan Jadi Pulau Terbaik di DuniaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Pulau Jawa menyimpan empat warisan dunia yang telah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Keempat warisan dunia tersebut adalah Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di Klaten, Situs Arkeologi di Sangiran dan Taman Nasional Ujung Kulon.

3. Menjaga budaya di tengah modernisasi

Ini Bukti Pulau Jawa Layak Dinobatkan Jadi Pulau Terbaik di DuniaIDN Times/Reza Iqbal

Modernisasi tumbuh seiring dengan perkembangan aktivitas bisnis yang terjadi di Pulau Jawa. Semakin banyak gedung-gedung perkantoran yang dibangun, keberadaan mal sebagai tempat hiburan yang menjamur, dan masih banyak dampak modernisasi lainnya.

Meski begitu, beberapa daerah di Pulau Jawa masih menjaga kebudayaan tradisionalnya. Seperti Yogyakarta, di mana adat dan tradisi Jawa masih kental mengakar di tengah-tengah modernitas perkotaan.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Unik di Yogyakarta, Yakin Sudah Pernah ke Sini?

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya