Comscore Tracker

4 Pandangan Indonesia untuk Dukung Transformasi Digital ASEAN

Indonesia telah susun Peta Jalan Digital 2021-2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pemerintah Indonesia memiliki empat pandangan guna mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN. Transformasi Digital memang sedang menjadi perhatian Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC Council Meeting).

"Indonesia menyuarakan dukungannya terhadap penyusunan ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation, yang diinisiasi oleh Brunei Darussalam selaku chairmanship ASEAN tahun ini. Indonesia juga telah menyampaikan beberapa poin pandangan dan posisinya terhadap isu-isu terkait transformasi digital," kata Johnny dikutip dari laman resmi Kominfo, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Kominfo Adakan Pekan Literasi Digital di Mandalika

1. Indonesia telah susun Peta Jalan Digital 2021-2024 sebagai dokumen panduan strategis

4 Pandangan Indonesia untuk Dukung Transformasi Digital ASEANIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Empat pandangan itu, kata Menkominfo, pertama yakni mengenai Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai panduan strategis mewujudkan transformasi digital nasional.

"Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai dokumen panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata," kata Johnny.

Selanjutnya, pandangan kedua yakni Pemerintah Indonesia terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata guna menutup kesenjangan digital, dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah.

2. Pemerintah tegaskan peran Indonesia sebagai presidensi pada Forum G20

4 Pandangan Indonesia untuk Dukung Transformasi Digital ASEANIlustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pandangan ketiga, Pemerintah Indonesia menekankan peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari harus memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data. Hal ini dapat didorong melalui kerangka yang secara spesifik mengatur tentang arus data lintas batas negara, yang turut menjamin pelindungan data pribadi.

Selanjutnya pandangan keempat, Menkominfo menegaskan peran Indonesia sebagai presidensi pada Forum G20 di tahun 2022 mendatang, dimana pemerintah akan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”.

"Tema ini menggarisbawahi kerja bersama kita dalam membangun momentum pemulihan, sekaligus memperkuat ketangguhan melawan pandemi COVID-19 secara jangka panjang melalui peningkatan pemanfaatan teknologi digital," kata Menkominfo.

3. Indonesia dorong kerja sama intensif antara negara-negara sahabat

4 Pandangan Indonesia untuk Dukung Transformasi Digital ASEANIlustrasi layanan digital (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menkominfo menegaskan pentingnya mengoptimalkan manfaat digitalisasi untuk mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan inklusif.

"Bersama-sama kita akan bangkit kembali dengan lebih kuat serta bergerak maju menuju terwujudnya ASEAN, a digitally connected community," ujah Menkominfo.

Dia menegaskan, Indonesia terus mendorong kerja sama intensif antara negara-negara sahabat di kawasan Asia Tenggara, termasuk untuk mengatasi permasalahan di masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: Kominfo Adakan Pekan Literasi Digital di Mandalika

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya