Comscore Tracker

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak di Sini!

Perhatikan syarat yang harus dipenuhi, ya.

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dimulai sejak Senin (10/6). Tercatat dalam dua hari dari total 14 hari masa pelaksanaan pendaftarannya, hingga Selasa (11/6) sudah tercatat lebih kurang 120 ribu peserta yang mendaftar SBMPTN.

Berikut IDN Times merangkum tahapan dan syarat pendaftaran SBMPTN dan jalur bidikmisi yang dapat dimanfaatkan peserta pendaftaran yang dilansir dari laman resmi SBMPTN (https://sbmptn.ltmpt.ac.id).

1. Cara mendaftar SBMPTN

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak di Sini!sbmptn.ltmpt.ac.id

Pendaftaran SBMPTN 2019 dapat dilakukan di laman resmi yang telah disepakati (http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id). Berikut adalah tahapan yang harus diikuti oleh peserta untuk mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN 2019.

  1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  3. Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

2. Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak di Sini!IDN Times/Irfan Fathurohman

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta untuk dapat mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN 2019. Yakni:

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

3. Tahapan mendaftar lewat jalur Bidikmisi

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak di Sini!pixabay.com

Ada pula jalur bidikmisi yang dapat dimanfaatkan oleh peserta. Dilansir dari lama resmi Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/), Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikeluarkan Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Ravik Karsidi yang diterima IDN Times pada Selasa (11/6), peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Baca Juga: Ini Nasihat Menristekdikti untuk Peserta SBMPTN

4. Syarat yang wajib dipenuhi untuk ikuti jalur Bidikmisi

Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak di Sini!unsplash.com/Ben Mullins

Untuk mengikuti jalur Bidikmisi yang ada dalam pendaftaran SMBPTN 2019 ini, berikut enam hal yang wajib dipenuhi oleh peserta:

  1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  6. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Baca Juga: Pesan Pak Menteri: Kalau Tidak Lolos SBMPTN, Masih Ada Jalur Mandiri

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You