Comscore Tracker

Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair, Begini Cara Ceknya

Ada 26,6 juta penerima bantuan kuota pada Oktober 2021

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet periode Oktober 2021 pada Selasa (12/10/2021). Bantuan kuota internet diberikan kepada 26,6 juta pendidik dan peserta didik.

“Bantuan kuota data internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran baik bagi yang sudah PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas, maupun yang masih PJJ (pembelajaran jarak jauh),” kata Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan tertulisnya.

1. Cara cek kuota belajar

Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair, Begini Cara CeknyaSejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Karya Utama memanfaatkan akses internet gratis di Taman I Love Karawang, Nagasari, Karawang, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Sama seperti periode-periode sebelumnya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek bantuan kuota internet belajar di sejumlah provider:

Telkomsel
Pelanggan Telkomsel biasanya akan menerima notifikasi langsung dari Telkomsel jika kuota belajar sudah masuk ke nomor ponsel.
Besaran kuota dapat dicek melalui akses menu *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

XL
Cek kuota bagi pelanggan XL pre-paid adalah melalui aplikasi myXL. Sedangkan untuk pengecekan melalui UMB, dapat dilakukan lewat *123#, lalu pilih menu info, Info Kartu-XL-ku, Info Cek Kuota, dan terakhir memilih paket Terus Belajar.
Atau pelanggan dapat mengecek kuota dengan menekan *123*7*1*6*3#.

Tri
Bagi pengguna Tri pengecekan kuota dapat langsung dilakukan melalui aplikasi Bima+. Atau pengguna Tri juga bisa mengecek bantuan kuota internet melalui nomor *123*0*10*3#.

IM3 Ooredoo
Bagi pengguna IM3 Ooredoo pengecekan kuota dapat melalui *123*075# atau aplikasi myIM3.

Baca Juga: Bantuan Kuota Internet buat Siswa hingga Dosen Cair Mulai September

2. Bantuan kuota diberikan ke 26,6 juta orang

Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair, Begini Cara CeknyaIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Bantuan kuota data diberikan guna mendukung kelancaran pelaksanaan PTM terbatas yang masih dikombinasikan dengan PJJ. Pada Oktober 2021, bantuan kuota data disalurkan ke nomor 24,9 juta peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

Selain itu, bantuan juga diterima 1,73 juta pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

“Kuota data disalurkan kepada nomor-nomor ponsel yang telah berhasil diverifikasi dan divalidasi sehingga dipastikan akan menerima bantuan,” kata Nadiem.

3. Ada penambahan 2,2 juta penerima pada Oktober 2021

Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair, Begini Cara CeknyaMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Pada September 2021, Kemendikbudristek menyalurkan bantuan data kuota internet kepada 24,4 juta pengguna. Pemutakhiran nomor ponsel membuat ada penambahan penerima pada Oktober 2021.

“Bulan ini ada penambahan kuota sebanyak 2,2 juta penerima dibanding pada September lalu, karena ada pemutakhiran nomor ponsel yang sudah diverifikasi dan divalidasi,” ujar Nadiem.

Seluruh bantuan kuota data internet di tahun 2021 adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek yaitu kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Rincian Bantuan Kuota Internet Telkomsel Periode September-November

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya