Comscore Tracker

Diundang ke Istana, Ida Fauziah Pernah Maju di Pilkada Jateng 2018

Ida juga pernah dipanggil KPK

Jakarta, IDN Times - Mantan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziah tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Selasa (22/10). Dengan atasan berwarna putih dilengkapi kerudung putih, Ida menyambangi Istana memenuhi undangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini hanya tersenyum kepada awak media, saat tiba di Istana sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Jokowi Panggil Ida Fauziah dan Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi

1. Ida sempat jadi pesaing Ganjar Pranowo pada Pilkada Jawa Tengah 2019

Diundang ke Istana, Ida Fauziah Pernah Maju di Pilkada Jateng 2018IDN Times / Irfan Fathurohman

Dalam Pilkada Jawa Tengah 2018, Ida sempat berpasangan dengan Calon Gubernur Sudirman Said, yang tak lain mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pasangan Sudirman-Ida bersaing dengan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen. Ganjar-Yasin memperoleh 10.362.694 suara (58,78 persen). Sementara, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh  7.267.993 suara (41,22 persen).

2. Ida pernah dipanggil KPK pada 2014

Diundang ke Istana, Ida Fauziah Pernah Maju di Pilkada Jateng 2018IDN Times/Margith Juita Damanik

Pada 2014, Ida juga pernah dipanggil dan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dan haji.

Ida diperiksa terkait dengan kapasitasnya di Komisi VIII DPR RI, yang membidangi sejumlah sektor, salah satunya soal haji.

3. Ida pernah menjadi anggota DPR dan aktif di NU

Diundang ke Istana, Ida Fauziah Pernah Maju di Pilkada Jateng 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ida pernah menjabat Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI dan Wakil Ketua Badan Legislasi dan anggota Komisi II DPR.

Ida juga pernah menjadi Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP Partai Kebangkitan Bangsa 2002-2007 dan Ketua Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB) PKB 2002-2007.

Tak hanya itu, Ida juga menjadi Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama 2010 hingga sekarang.

Baca Juga: Ida Fauziah, Politikus PKB Diminta Jokowi Bantu soal Lapangan Kerja 

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You