Comscore Tracker

Dua Pekan Gantikan Susi Pudjiastuti, Ini Gebrakan Menteri Edhy Prabowo

Akan dengarkan keluhan masyarakat secara langsung

Jakarta, IDN Times - Dua pekan menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo banyak melakukan audiensi dengan kelompok pelaku usaha kelautan dan perikanan. Audiensi dilakukan dengan harapan dapat menemukan solusi terbaik dari masalah yang dihadapi pelaku usaha kelautan dan perikanan.

1. Edhy menemui sejumlah pihak, dari nelayan hingga kepala daerah

Dua Pekan Gantikan Susi Pudjiastuti, Ini Gebrakan Menteri Edhy PrabowoDok.IDN Times/Istimewa

Edhy telah menemui nelayan, Awak Kapal Perikanan (ABK), hingga sejumlah pelaku usaha lain. Edhy juga diketahui menemui perwakilan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) hingga Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Tak haya pelaku langsung di bidang perikanan dan kelautan, sejumlah kepala daerah juga ditemui Edhy guna menyelami permasalahan kelautan dan perikanan yang dihadapi masing-masing daerah.

2. Menggali informasi dari berbagai sektor

Dua Pekan Gantikan Susi Pudjiastuti, Ini Gebrakan Menteri Edhy PrabowoDok.IDN Times/Istimewa

Dalam setiap kegiatan dan audiensi yang dijalankannya, Edhy memilih untuk menggali informasi dari berbagai sektor. Mulai dari perikanan tangkap, perikanan budidaya, pembangunan SDM, hingga pengolahan dan pemasaran produk kelautan dan perikanan.

Edhy menanyakan langsung terkait kendala tumbuhnya industri perikanan. Termasuk di dalamnya kebijakan-kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai perlu penyempurnaan atau perbaikan.

"Kita mendengar semua masalah dan keluhan dari stakeholder kita. Tak hanya pihak yang pro terhadap suatu kebijakan, tetapi juga pihak yang kontra. Ini penting untuk menemukan solusi terbaik dari setiap masalah dengan melihat sudut pandang dari berbagai sisi," kata Edhy dikutip dari keterangan pers Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Selasa (12/11).

"Intinya kita ingin komunikasi yang terjalin adalah komunikasi dua arah," lanjut dia.

Lamanya proses perizinan kapal, pengkategorian kapal eks-asing, pembagian Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), perdagangan karang hias, penyakit udang budidaya, regulasi perizinan usaha, dan sejumlah larangan menjadi contoh keluhan-keluhan yang masuk dan diterima Edhy.

3. Edhy akan mengujungi sejumlah daerah

Dua Pekan Gantikan Susi Pudjiastuti, Ini Gebrakan Menteri Edhy PrabowoDok.IDN Times/Istimewa

Audiensi dengan sejumlah stakeholder bidang kelautan dan perikanan menurut Edhy masih menjadi langkah awal. Dia rencananya akan mengunjungi sejumlah daerah untuk melihat langsung aktivitas pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Selain itu, Edhy juga berharap dapat menerima informasi dan keluhan masyarakat dengan lebih jelas dan akurat. “Intinya, kita berusaha mengumpulkan informasi dan melihat masalah sekomprehensif mungkin untuk menemukan solusi terbaik," kata Edhy.

"Kita tidak akan terburu-buru, kita tidak mau gegabah dalam membuat keputusan," kata dia lagi.

Baca Juga: Diisukan Maju Pilkada Pandeglang, Susi Pudjiastuti: Hoax!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You