Duh! Jenazah Pasien COVID-19 Ini Nyaris Tertukar di Bogor

Kok bisa, ya?

Jakarta, IDN Times - Insiden jenazah tertukar terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor belum lama lalu. Jenazah seorang ibu yang diduga meninggal karena COVID-19 tertukar oleh jenazah seorang pria.  

Peristiwa ini terungkap dalam rekaman video berdurasi 49 detik yang viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat situasi rumah sakit lengkap dengan ambulansnya. 

"Ini benar-benar sudah parah, ya. Ini Mama saya udah meninggal dari jam 12 malam sampai jam segini gak ada. Terus salah ngambil pasien lagi," seorang perempuan berkata dalam video tersebut.

1. Ungkapan kekecewaan pihak keluarga terhadap pelayanan rumah sakit

Duh! Jenazah Pasien COVID-19 Ini Nyaris Tertukar di BogorIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam video singkat tersebut, suara wanita mengungkapkan kekecewaannya terhadap pelayanan rumah sakit. Menurut wanita tersebut, ibundanya sudah meninggal dunia sejak pukul 00.00 WIB.

Namun, hingga langit terang seperti pada video, ibundanya belum juga dapat dibawa dari rumah sakit. "Jenazah tuh gak boleh lebih dari 4 jam lho ini," sambung dia lagi.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 Dunia Tembus 85 Juta, AS Masih Tertinggi

2. Peristiwa terjadi pada akhir 2020

Duh! Jenazah Pasien COVID-19 Ini Nyaris Tertukar di BogorPetugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 di pemakaman terpadu Nenang, PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Menurut informasi yang kami dapat, peristiwa ini terjadi pada akhir 2020, persisnya pada 30 Desember 2020. Semula pihak keluarga tidak diizinkan melihat jenazah karena pasien wafat akibat COVID-19.

Namun, ketika akhirnya pihak RSUD mengizinkan melihat, ternyata jenazah tersebut bukan jenazah keluarganya. Jenazah keluarga tersebut berkelamin perempuan, sementara jenazah dari rumah sakit berkelamin laki-laki.

3. RSUD Bogor meminta maaf

Duh! Jenazah Pasien COVID-19 Ini Nyaris Tertukar di BogorTampak muka RSUD Kota Bogor (Dok. Pemkot Bogor)

Belakangan diketahui jenazah pasien yang tertukar itu ternyata seorang ibu asal Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Humas RSUD Kota Bogor, Taufik Rahmat, mengkonfirmasi insiden jenazah yang nyaris tertukar ini.

"Saya konfirmasi ke pemulasaraan apa yang terjadi ternyata ada kesalahan pengambilan jenazah dari ruang isolasi," kata Taufik kepada wartawan.

Taufik mengatakan kejadian ini akan menjadi bahan evaluasi.

"Secara pribadi kami mengakui ada layanan yang kurang pas. Saya sampaikan permohonan maaf," kata Taufik.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 Dunia Tembus 85 Juta, AS Masih Tertinggi

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya