Gamal Albinsaid, Social Entrepreneur Muda Pengganti Ratna Sarumpaet

Menggantikan Ratna Sarumpaet menjadi jubir Prabowo-Sandiaga

Jakarta, IDN Times – Gamal Albinsaid (29) ditunjuk menjadi juru bicara tim sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia menggantikan Ratna Sarumpaet, yang terjerat hukum karena kasus hoaks.

Sosoknya yang masih muda, membuat kedatangan Gamal seolah menjadi angin segar bagi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, dan tentu saja menjadi daya tarik bagi anak muda.

Nama Gamal memang terdengar baru di dunia politik. Namun, kiprahnya di bidang kesehatan dan social entrepreneur, membuatnya jadi salah satu sosok muda yang diperhitungkan.

Kiprah Gamal di bidang kesehatan dan sosial, hingga kemudian mengantarnya menjadi bagian dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga,  tak lepas dari latar belakangnya. Yuk simak, perjalanan hidup Gamal Albinsaid.

Baca Juga: Mengenal Gamal Albinsaid, Si Dokter Sampah

1. Dokter yang mencetuskan Klinik Asuransi Sampah

Gamal Albinsaid, Social Entrepreneur Muda Pengganti Ratna SarumpaetInstagram.com/gamalalbinsaid

Lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Gamal Albinsaid berprofesi sebagai dokter. Dalam perjalanannya, Gamal tidak hanya berstatus sebagai dokter, dia juga menjadi inovator kesehatan dan social entrepreneur

Gamal merupakan sosok yang pertama kali mencetuskan Klinik Asuransi Sampah bagi masyarakat kurang mampu. CEO dari Indonesia Medika ini juga merupakan penggagas berdirinya Bank Sampah.

Salah satu usaha sosial yang dilakukannya melalui Klinik Asuransi Sampah adalah memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu, dengan pembayaran menggunakan sampah sebagai pengganti biaya berobat.

2. Pemuda Malang peraih predikat cum laude

Gamal Albinsaid, Social Entrepreneur Muda Pengganti Ratna SarumpaetInstagram.com/gamalalbinsaid

Gamal menempuh pendidikan menengah pertamanya di SMP Negeri 3 Malang, Jawa Timur. Ia kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 3 Malang. Gamal lulus pada 2007 usai menjalani program akselerasi.

Pria asal Malang ini kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Brawijaya, Malang dengan mengambil jurusan kedokteran.

Ia lulus dengan predikat cum laude, dan pada usia 25 tahun, Gamal melanjutkan pendidikan master di universitas yang sama.

3. Raih apresiasi dari Presiden Rusia Vladimir Putin

Gamal Albinsaid, Social Entrepreneur Muda Pengganti Ratna SarumpaetTwitter.com/@Gamal_Albinsaid

Semasa kuliah, Gamal dikenal sebagai mahasiswa berprestasi. Sedikitnya ia meraih  12 penghargaan ilmiah dari berbagai univerisas di Indonesia. Pada 2014, ia juga meraih penghargaan HRH The Prince of Wales Yound Sustainability Entrepreneur Prize 2014 yang diadakan di Chambridge University, Inggris. Ia juga mendapat penghargaan dari Unilever.

Penghargaan tersebut diraih atas gebrakannya mendirikan Klinik Asuransi Sampah, yang memberikan asuransi kesehatan dengan premi sampah bagi masyarakat kurang mampu.

Inovasi yang dilakukan Gamal ini bahkan mendapat apresiasi dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Gamal diundang ke Rusia untuk memberikan inspirasi bagi 25.000 peserta dari 150 negara dalam acara World Festival of Youth and Students Festival of Youth and Students yang ke-19 pada Oktober 2017 lalu.

4. Menjadi jubir Prabowo-Sandi

Gamal Albinsaid, Social Entrepreneur Muda Pengganti Ratna SarumpaetInstagram.com/gamalalbinsaid

Mencuatnya kasus hoaks Ratna Sarumpaet awal Oktober lalu, membuat kubu Prabowo-Sandi membuat langkah tegas dengan mengeluarkan Ratna dari tim pemenangan.  

Tak lama, tim sukses Prabowo-Sandi mengumumkan nama Gamal Albinsaid sebagai pengganti Ratna. Dia menduduki posisi sebagai juru bicara tim pemenangan. 

Sosok Gamal ternyata sudah diincar Prabowo-Sandi jauh sebelum kasus Ratna menyeruak. Gamal sendiri mengaku, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua itu mumpuni di bidang ekonomi. Dia yakin Prabowo-Sandi mampu merancang dan mencari solusi untuk memecahkan masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial di Indonesia.

Baca Juga: Begini Jurus Kubu Prabowo-Sandiaga Meredam Tensi Politik

Topik:

  • Sunariyah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya