Comscore Tracker

Hits di Kalangan Millennials, Ini 3 Fakta Tentang Efek Bokeh

Kamu suka pakai efek bokeh gak?

Jakarta, IDN Times – Fotografi menjadi satu hal yang makin digemari banyak generasi millennials. Berbagai efek dapat diaplikasikan pada karya foto yang akan memperinah tampilan hasil foto sebelum diunggah ke media sosial.

Efek bokeh menjadi salah satu efek yang paling digemari. Efek ini memberi tampilan blur pada background foto. Karakteristik foto dengan tampilan bokeh memang mengutamakan untuk berfokus pada objek utama fotonya.

Semakin hari, efek bokeh semakin sering digunakan oleh millennials. Fokus utama foto yang tampil semakin jelas dan dipermanis efek bokeh pada latar belakang foto membuat millennials memilih efek ini untuk digunakan pada fotonya.

1. Berasal dari Bahasa Jepang

Hits di Kalangan Millennials, Ini 3 Fakta Tentang Efek BokehPixabay.com

Fakta pertama tentang efek foto kekinian ini adalah ternyata kata bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya blur/buram. Dalam dunia fotografi, Bokeh pertama kali dipopulerkan oleh editor majalah Photo Techniques, Mike Johnston.

Mike memopulerkan efek bokeh pada tahun 1997. Efek ini dapat dihasilkan dengan manis jika fotografer mengambil foto dari objek utama tertentu dengan banyak ruang out-of-focus

di sekitarnya.

Dengan mengaplikasikan efek bokeh, ruang yang berada di luar area fokus akan membentuk titik-titik bercahaya dan mempermanis hasil foto sebelumnya.

2. Bokeh keren dengan kamera yang tepat

Hits di Kalangan Millennials, Ini 3 Fakta Tentang Efek BokehPixabay.com

Setiap kamera memiliki efek spherical abberation yang berbeda. Efek ini adalah efek yang terjadi ketika cahaya masuk ke dalam lensa. Hal ini membuat terang gelap efek bokeh pada suatu foto juga bergantung dari pemilihan kameranya.

Untuk menghasilkan efek bokeh manis sesuai keinginan, penting untuk mengetahui jenis kamera yang digunakan. Kamera mirrorless dan lensa fiks dengan bukaan diafragma maksimal f/1.4 menjadi kamera yang paling banyak dipilih.

Selain karena model dan penggunaannya yang lebih cocok dengan millennials, kamera ini dapat menghasilkan efek bokeh yang manis dan rapi. Selain itu harganya juga tergolong terjangkau.

3. Mudah ditemui di gadget

Hits di Kalangan Millennials, Ini 3 Fakta Tentang Efek BokehPixabay.com

Efek kekinian ini sekarang semakin mudah untuk diaplikasikan. Berbagai aplikasi penghasil efek boeh dapat dengan mudah diunduh di ponsel. Kini mengaplikasikan efek bokeh tidak lagi harus menggunakan kamera profesional.

Tidak hanya itu, banyak ponsel keluaran terbaru bahkan sudah menyediakan efek bokeh pada kamera bawaannya. Dual cam kerap digunakan untuk membuat objek utama foto lebih fokus dan efek bokeh tercipta untuk background fotonya.

Bahkan di salah satu sosial media yang banyak digunakan millennials, efek bokeh menjadi salah satu filter sebelum mengunduh foto. Tampilan foto dengan efek bokeh kini menjadi tampilan yang dinilai kekinian.

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You