Ini 4 Hal Keren yang Hanya Ada di Erwin Gutawa Music School

Karena musik untuk semua orang

Jakarta, IDN Times - Musik merupakan sesuatu yang sangat dekat dengan banyak orang. Beragam  jenis orangnya, beragam genre musik yang ada dan disenangi. Tidak sedikit orang ingin menambah skill musik yang dimiliki atau sekedar mengisi waktu. Fenomena dan kebutuhan itulah yang sepertinya ditangkap oleh konduktor sekaligus musisi kebanggaan Indonesia: Erwin Gutawa.

"Musik bukan hanya sekedar rangkaian bunyi yang menarik, karena di dalam musik terdapat harmoni, keindahan, keseimbangan, ada irama, ruang, dan bentuk, ada juga kreatifitas, kerjasama, bahkan kebahagiaan," kata Erwin. "Jadi saya percaya orang yang mendalami dan mengerti musik akan menjadi pribadi yang lebih positif dan lebih lengkap,"

Konsep inilah yang akhirnya membuat Erwin Gutawa memutuskan untuk mendirikan Erwin Gutawa Music School (EGMS). Erwin tidak sendiri dalam membentuk EGMS ini. Ia dibantu lima orang lainnya yang menjadi tim perumus awal dari Erwin Gutawa Music School ini. Kelima orang tersebut adalah Condro Kasmoyo, Ranti Rachmawanti, Dorry Windhu, Gita Gutawa, dan Eric Awuy yang juga menjadi kepala sekolah di Erwin Gutawa Music School ini.

Tim perumus menghasilkan banyak gagasan yang akhirnya menjadikan EGMS berdiri dengan persiapan yang matang. Termasuk salah satunya EGMS memiliki silabus sendiri (original) dan memiliki empat Program unggulan. Erwin Gutawa Music School sendiri mengusung tagline "Music For Everyone."

1. Kursus musik dengan fasilitas lengkap

Ini 4 Hal Keren yang Hanya Ada di Erwin Gutawa Music SchoolIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Seperti sekolah musik pada umumnya, salah satu program utama yang ada di EGMS adalah music course. Program ini sangat cocok bagi orang yang ingin mengembangkan kemampuannya baik dalam bermusik maupun menambah wawasan tentang musik. Hal yang istimewa di program ini adalah silabus atau kurikulum orisinil yang dibentuk sendiri oleh para perumus EGMS. Kurikulum ini menyesuaikan dengan perkembangan serta kebutuhan musik di Indonesia.

Tersedia beragam pilihan instrumen dalam program music course. Mulai dari Orchestral instruments seperti piano, gitar klasik, alat musik strings (violin, viola, cello, contrabass), alat musik winds (flute, oboe, clarinet, basoon, saxophone), dan alat musik brass (horn, trumpet, trombone, tuba). Ada pula Rhythm section yakni drum, gitar elektrik, dan keyboard. Tentu tidak ketinggalan juga bidang Vokal baik klasikal maupun Pop.

Tidak hanya belajar secara privat, akan diadakan juga secara rutin kelas ensemble, sehingga belajar musik menjadi lebih menarik sekaligus melatih kepekaan untuk bermain musik bersama dan berkolaborasi dengan musisi lain. Para peserta kursus juga berkesempatan mencoba seluruh alat musik yang tersedia untuk mendapatkan kesesuaian yang sesuai dengan passion yang sesungguhnya. "Jangan sampai ada yang bilang tidak suka musik, padahal bukan soal musiknya yang tidak disuka, tapi alatnya yang tidak sesuai passionnya," kata Erwin Gutawa.

Baca juga: 7 Bisnis untuk Kamu yang Hobi Bermusik, Jadi Ladang Uang Nih!

2. Wadah penyalur hobby para music lovers

Ini 4 Hal Keren yang Hanya Ada di Erwin Gutawa Music SchoolIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Program yang diberi nama music lovers ini adalah jawaban yang dipersembahkan EGMS bagi para pecinta musik yang ingin menambah pengetahuan musik bukan sebagai profesi ataupun diikuti secara rutin, namun untuk mengisi waktu luang dan menjalankan hobi. Dibimbing oleh instruktur yang profesional serta dengan fasilitas yang lengkap para pecinta musik dapat menyalurkan minat serta mengasah kemampuannya disini.

Dengan pendekatan yang lebih personal, program Music lovers memberikan kebebasan bagi pesertanya untuk menentukan sendiri lagu, teknik, bahkan sampai tingkat kesulitan yang ingin dikuasai. Waktu kursusnya juga lebih fleksibel. Sesuai dengan taglinenya music for everyone, kurusus ink juga dibuka untuk seluruh umur.

Pilihan kelas yang dapat diambil antara lain, vokal, violin, sexophone, flute, clarinet, piano pop, dan gitar. Program ini dirancang menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta kursusnya satu per satu sehingga lebih flexibel.

3. Membantu persiapan sekolah musik lanjutan

Ini 4 Hal Keren yang Hanya Ada di Erwin Gutawa Music SchoolIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

"Perbedaan musik dengan ilmu pengetahuan lainnya adalah ketika seseorang ingin belajar musik lanjutan, untuk kuliah? ke luar negeri misalnya, maka ia akan diuji dulu apakah kemampuannya sudah memenuhi standard atau belum, tidak langsung diterima dan belajar dari 0 lagi seperti yang lain," kata Eric Awuy. Menangkap hal ini maka Erwin Gutawa Music School membentuk satu program khusus bernama Music Collage.

Para peserta yang memilih program ini akan dipersiapkan agar layak dan berhasil lolos dalam seleksi masuk ke universitas atau pendidikan musik yang diinginkannya, termasuk di luar negeri. Pada program ini, tidak hanya dilatih untuk bermain alat musik, para peserta juga dibekali teori, ear training, sejarah, analisa, komposisi, dan keperluan lainnya yang akan dihadapi sebagai bekal ujian.

Kurikulum yang dipersiapkan tidak tanggung-tanggung. Tidak hanya untuk tingkat sarjana strata 1 (S1) namun sampai S2. Program ini memang dipersiapkan untuk mereka yang ingin mendalami disiplin musik tidak hanya secara praktik namun juga akademik.

4. Menciptakan music preneurs handal

Ini 4 Hal Keren yang Hanya Ada di Erwin Gutawa Music SchoolIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Program ini merupakan  program noninstrumen yang disediakan EGMS untuk mempelajari seluk-beluk industri, teknologi, maupun kreatifitas dalam bermusik. Program ini dipersiapkan bagi para peserta yang ingin memperkaya pengetahuan mereka tentang aspek-aspek lain dari musik di luar instrumen.

Modul yang disediakan antara lain Music branding and Marketing, Music legal, Recording for musicians, Digital Audio workstation, Electronic Music production, basing Songwriting, Basic arraging, dan Essensial Music Theory For Working Musician. Dengan kata lain, program ini tidak hanya untuk mereka yang baru ingin belajar namun boleh juga untuk para musisi yang ingin menambahkan ilmu dan pengetahuannya. Karena Erwin Gutawa Music School percaya music for everyone.

Baca juga: 10 Wireless Headphone Paling Banyak Diburu Pencinta Musik di 2017

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya