Kamu Punya Ide Gerakan Keren? Yuk Gabung di Program #AjakGerak

Millennials boleh ikutan neh!

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi meluncurkan program #AjakGerak yang melibatkan sejumlah tokoh. Program ini diluncurkan pada Sabtu 5 September 2020.

Dalam peluncuran program ini, Ayu mengadakan diskusi bertema Gimana Caranya Ngajak Orang Bergerak? bersama dengan inisiator Semua Murid Semua Guru Najelaa Shihab, Founder KitaBisa.com Alfatih Timur, dan Founder & COO IDN Media William Utomo.

1. Cerita soal suka duka memulai gerakan baru

Kamu Punya Ide Gerakan Keren? Yuk Gabung di Program #AjakGerakWebinar yang diadakan oleh AjakGerak pada Sabtu, 5 September 2020 (Dok. AjakGerak)

Dihadiri lebih kurang 500 peserta, diskusi ini membahas mengenai motivasi dan suka duka dari pengalaman para narasumber untuk bergerak mengerjakan hal-hal yang bermanfaat untuk sesama.

Semua pembicara sepakat bahwa kegelisahan suatu kondisi adalah motivasi awal untuk bergerak. “Selama 12 tahun tinggal di luar Indonesia, membuat saya punya perspektif yang lebih luas dalam melihat problem di Indonesia," tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pesannya terkait konteks sebagai pemimpin lembaga negara.

Sementara, Timmy, begitu Alfatih Timur akrab disapa, bercerita dulunya banyak orang kerap menaruh curiga terhadap dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk hal tidak baik. Karena itu, dia berpesan bahwa memulai suatu gerakan memang tidak mudah.

“Kalau di acaranya IDN Times, biasanya saya duduk bareng penonton, jadi bisa langsung dengerin komentar mereka dan itu jadi penyemangat,” kata William berbagi cerita.

Never take everything personally. Membiasakan diri nyari feedback, jangan ngerasa paling keren," kata Najelaa menambahkan. "Ada kritik yang konstruktif dan berguna, ada yang tujuannya menjatuhkan. Learn what to ignore. Jadi penggerak harus bisa bedain itu," sambung dia.

Baca Juga: Millennials, Ikutan Acara Ini Yuk Bantu Kampanye Pencegahan TBC

2. Tujuan dibentukkan program #AjakGerak

Kamu Punya Ide Gerakan Keren? Yuk Gabung di Program #AjakGerakWebinar yang diadakan oleh AjakGerak pada Sabtu, 5 September 2020 (Dok. AjakGerak)

Menurut Ayu, program #AjakGerak dibuat untuk mengajak komunitas atau organisasi yang memiliki program keren untuk mendaftarkan programnya.

Ayu bahkan menyebut akan mendonasikan sebagian gajinya sebagai Staf Khusus Presiden, dan mengajak berdonasi lewat KitaBisa dan mendaftarkan diri sebagai relawan lewat Indorelawan, untuk membantu komunitas atau organisasi-organisasi yang terpilih.

Ayu membentuk program #AjakGerak karena ingin pay it forward. Pada 2012, dia ikut kompetisi ide dan mendapatkan sejumlah uang sebagai dana awal bergeraknya SabangMerauke. Dana awal ini memberi semangat pada Ayu untuk terus bergerak.

Sekarang, Ayu ingin membantu komunitas atau organisasi lain serta ingin mendengar langsung concern anak-anak muda, tentang apa yang membuat mereka risau. Ayu juga ingin memberi mentoring kepada para generasi muda.

3. Cara bergabung dengan program #AjakGerak

Kamu Punya Ide Gerakan Keren? Yuk Gabung di Program #AjakGerakWebinar yang diadakan oleh AjakGerak pada Sabtu, 5 September 2020 (Dok. AjakGerak)

Cara untuk bergabung dengan program #AjakGerak nyatanya tak sulit, lho. Untuk komunitas atau organisasi yang mau ikut bergabung, pendaftarannya dibuka setiap tanggal 1-15 dan pengumuman pemenang serta tema bulan berikutnya setiap tanggal 25.

Tema yang akan digunakan pada September adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jadi, program apapun yang berkaitan dengan PJJ dapat segera mendaftarkan diri.

Program dapat didaftarkan lewat laman bit.ly/ngajakgerak. Untuk informasi lebih lanjut, dapat melihat akun Instagram Ayu (@ayukartikadewi) atau dengan hashtag #ajakgerak.

Baca Juga: Dear Millennials, Telkom Buka Loker Besar-besaran, Cek Posisinya! 

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya