Kesaksian Korban: Saya Dengar Bunyi Ledakan, Sebelumnya Bau Gas Menyengat

Korban kebakaran depo Pertamina Plumpang kehilangan harta benda

Jakarta, IDN Times - Kepanikan melanda Sutrisno dan keluarga pada Jumat (3/3/2023) malam. Kebakaran Depo Pertamina Plumpang membuat pria berusia 65 tahun itu harus mengungsi dari rumahnya bersama lima anggota keluarganya yang lain. 

Rumah Sutrisno berada di Gang Gotong Royong dekat jalan Tanah Merah Bawah, Jakarta Utara yang menjadi titik api dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang. 

Begitu mendengar banyak warga berseru kebakaran terjadi, keluarga Sutrisno langsung siaga dan mengendarai motor menuju kantor Kecamatan yang memang dijadikan posko pengungsian. 

Sutrisno ingat jelas bagaimana suasana kala dia dan keluarganya bergegas mengungsi. "Saya dengar bunyi ledakan. Tapi sebelumnya sudah ada bau gas menyengat sekali. Gak kuat," kata Sutrisno kepada IDN Times di dekat rumahnya pada Sabtu (4/3/2023) dini hari WIB. 

Sutrisno menggambarkan bagaimana warga berlari berhamburan keluar dan menuju titik yang lebih aman. 

Suasana dekat lokasi kebakaran kini gelap gulita. Bau asap masih tercium pekat menusuk hidung. Namun, Sutrisno dan anaknya, Ruli Saputra memutuskan untuk kembali ke rumah mereka sejenak guna mengambil barang-barang berharga. 

"Ambil sarung, surat-surat bergarga, laptop. Begitu diizinkan kembali sebentar ke sini, kami ke sini," kata Sutrisno. 

Sutrisno dan keluarga masih bernasib untung. Rumahnya tak ikut hangus dilahap si jago merah seperti banyak rumah lainnya di sekitar lokasi kejadian. 

"Ini titik terakhirnya kalau dari ujung sana yang gak kena kebakaran. Gang Gotong Royong. Jaraknya 150-200 meter dari titik awal kebakaran," ujar Ruli kepada IDN Times menjelaskan jarak lokasi rumahnya dengan titik api. 

Api menyambar sejumlah rumah warga. Berdasarkan pantauan IDN Times, banyak rumah hangus tak bersisa dan tinggal puing saja. Meski kobaran api tak lagi seganas awal kebakaran, tim pemadam kebakaran masih terus bekerja.

Baca Juga: Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Dibawa ke RS Polri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya