Kunjungi Aceh, Pemerintah Pastikan Dana Desa Tepat Sasaran

Dana desa harus digunakan untuk kepentingan rakyat

Jakarta, IDN Times - PLT Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Sonny Harry B Harmadi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh.

Sonny melakukan kunjungan kerja didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Aceh, Ichsan Fuady pada Jumat (27/7) pagi.

Dalam kunjungan kerja ini, Sonny dan Ichsan mengunjungi Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Hal yang diutamakan dalam kunjungan kerja yang dilakukan kali ini adalah melihat pemanfaatan dana desa yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

1. Melihat langsung pemanfaatan dana desa

Kunjungi Aceh, Pemerintah Pastikan Dana Desa Tepat SasaranANTARA FOTO/Ampelsa

Kunjungan kerja ini ditujukan untuk melihat secara langsung pemanfaatan dana desa. Selain itu Sonny dan Ichsan juga berdialog dengan masyarakat.

Dalam pertemuan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh Dwi Putransyah, memaparkan tentang perkembangan pembangunan gampong (desa) di Kota Banda Aceh. Seluruh gampong di Kota Banda Aceh merupakan penerima dana desa.

Gampong Tibang, memiliki historis yang cukup panjang sejak terkena dampak bencana gelombang tsunami mengakibatkan Gampong Tibang mengalami kehancuran dimana dari sekitar 1.700 penduduknya hampir 900 penduduknya menjadi korban bencana Tsunami.

Namun, Gampong Tibang kini bangkit kembali dan bahkan jauh lebih baik daripada situasi sebelumnya.

2. Dana desa harus digunakan secara berkualitas

Kunjungi Aceh, Pemerintah Pastikan Dana Desa Tepat SasaranANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Melihat pengembangan desa di Kota Banda Aceh, Sonny menjelaskan bahwa dana desa harus digunakan secara berkualitas, dimulai dari perencanaan yang baik dan harus didasarkan pada musyawarah desa yang berkualitas.

Sonny menilai penyaluran dana desa di Aceh berjalan lambat, meskipun saat ini sudah baik namun hal itu tidak boleh terulang lagi di masa mendatang. “Saya mengingatkan bahwa penyaluran dana desa itu sangat penting, karena mana mungkin desa bisa membangun kalau dana desanya belum bisa disalurkan secara cepat dan tepat,” kata Sonny.

Sonny menyampaikan pesan Puan Maharani selaku Menko PMK bahwa setiap rupiah dana desa merupakan uang rakyat yang harus digunakan secara efektif sesuai kebutuhan masyarakat dan dipertanggungjawabkan dengan transparan.

Baca Juga: Polisi Pertanyakan Maksud Separator Warna-warni

3. Singgung kelembagaan ekonomi gampong

Kunjungi Aceh, Pemerintah Pastikan Dana Desa Tepat SasaranANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

“Program-program pemberdayaan masyarakat sangat penting, karena jika ingin membuat Gampong Tibang ini menjadi lebih maju secara ekonomi, pemberdayaan ekonomi gampong harus ada kelembagaan ekonomi yang menaungi yaitu Bumdes,” kata Sonny.

Sejalan dengan Padat Karya Tunai di Desa (PKTD), Sonny menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi dan Menko PMK Puan Maharani bahwa kegiatan PKTD yang bersumber dari dana desa itu masuk ke desa untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dengan kriteria tertentu.

PKTD bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat di desa dan memanfaatkan potensi lokal desa. Kepala Gampong Tibang, mewakili seluruh warga menyampaikan ucapan terima kasih, karena dana desa jelas sangat bermanfaat untuk masyarakat Gampong Tibang, dan berharap program dana desa terus berlanjut untuk membantu masyarakat dan membangun gampong.

Baca Juga: Jelang Pemilu, Kondisi Ekonomi Negara Kerap Dipolitisasi

Topik:

  • Sugeng Wahyudi
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya