Langkah Konkret Jokowi Peduli Disabilitas

Jokowi angkat Surya Sahetapy jadi staf khusus

Jakarta, IDN Times – Kelompok disabilitas merupakan salah satu kelompok yang perlu mendapat perhatian dari negara. Tak hanya itu, hak mereka untuk memberikan suara di Pemilu 2019 mendatang juga sama besarnya.

Bicara soal disabilitas, salah satu calon anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest, menilai langkah Jokowi mengangkat Surya Sahetapy menjadi staf khusus kepresidenan sebagai langkah konkret Joko “Jokowi” Widodo peduli pada disabilitas.

Baca Juga: Duta PBB untuk Disabilitas Berharap Indonesia Lebih Ramah Pada Difabel

1. Surya Sahetapy jadi staf khusus kepresidenan

Langkah Konkret Jokowi Peduli Disabilitasinstagram.com/suryasahetapy

Surya Sahetapy divonis tidak bisa mendengar sejak usia 2 tahun. Meski demikian, pria kelahiran 21 Desember 1993 ini menempuh pendidikan di Rochester Institute of Technology (RIT) USA, salah satu universitas terbaik di Amerika.

Surya juga diketahui mengambil jurusan kebijakan publik. Ia juga merupakan aktivis Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN). 

Latar belakang dan aktivitas Surya yang tidak terbatas, membuat Presiden Jokowi kepincut untuk mengangkatnya menjadi staf khusus.

2. Angkat Surya Sahetapy jadi staf kepresidenan bukti Jokowi peduli disabilitas

Langkah Konkret Jokowi Peduli DisabilitasTwitter/@KSPgoid

Langkah Jokowi mengangkat Surya Sahetapy menjadi staf khusus, kata Rian, jelas menjadi bukti bahwa Jokowi peduli pada disabilitas.  

“Jokowi dalam setiap kebijakan ingin punya concern untuk disabilitas, maka dia ambil jadi staf ahlinya (Surya),” kata Rian saat berkunjung ke kantor IDN Times, Rabu (14/11). 

Menurut Rian, surat keputusan pengangkatan Surya saat ini masih digodok. 

3. Dianggap tak ramah disabilitas

Langkah Konkret Jokowi Peduli DisabilitasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Namun, tim capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih menilai pemerintahan Jokowi tidak ramah terhadap disabilitas. 

“Selama 4,5 tahun (pemerintahan Jokowi) kami nilai kurang keberpihakan kepada kaum disabilitas,” kata Juru Bicara Prabowo-Sandi, Gamal Albinsaid, saat berkunjung ke IDN Times Rabu (14/11) malam.

Tapi, pendapat ini ditepis Rian. “Kalau soal disabilitas (programnya) banyak,” kata mantan staf ahli Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama itu. Rian.

Baca Juga: Kubu Prabowo Sindir Jokowi Belum Perhatikan Kaum Disabilitas

Topik:

  • Sunariyah
  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya