Mbah Moen dan Megawati Punya Kedekatan, Ini Kegiatan Rutin Keduanya

Megawati bertemu Mbah Moen sehari jelang ibadah haji

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar partainya menyampaikan duka cita mendalam, atas wafatnya pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar, Rembang, Jawa Tengah, KH Maimun Zubair atau yang lebih dikenal dengan sapaan Mbah Moen. Tokoh PPP ini tutup usia di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8) pagi waktu setempat.

Sejumlah tokoh nasional juga menyampaikan ucapan duka cita atas kepergian Mbah Moen. Almarhum terakhir bertemu Megawati sebelum menunaikan ibadah haji dan sempat menyampaikan wasiat terakhirnya.

Baca Juga: Mbah Moen Wafat Ketika Hendak Salat Tahajud

1. Pertemuan terakhir Megawati dengan Mbah Moen

Mbah Moen dan Megawati Punya Kedekatan, Ini Kegiatan Rutin KeduanyaIstimewa

Sehari sebelum menunaikan ibadah haji, Mbah Moen sempat bertemu dengan Megawati, tepatnya pada Sabtu (27/7). Pertemuan tersebut rupanya menjadi pertemuan terakhir keduanya.

“Dalam pertemuan selama lebih dari dua jam tersebut, Ibu Megawati merasakan bagaimana Mbah Moen tampil dengan penuh kebijaksanaan dan membahas hal-hal fundamental terhadap berbagai persoalan bangsa. Mbah Moen menyatakan komitmennya yang begitu kuat terhadap Pancasila. Tanpa Pancasila tidak ada NKRI,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, mengulang cerita yang disampaikan Megawati kepadanya, seperti dalam keterangan pers tertulis, Selasa (6/8).

“Saat itu, Ibu Megawati sudah merasakan bahwa pesan-pesan yang disampaikan sangat khusus. Bahkan, Mbah Moen juga menyampaikan wasiat terakhir yang disampaikan oleh Beliau dengan disaksikan kedua putra Beliau, antara lain Gus Yasin," lanjut Hasto.

2. Megawati tak mampu menahan kesedihannya

Mbah Moen dan Megawati Punya Kedekatan, Ini Kegiatan Rutin KeduanyaIDN Times/Denisa Tristianty

Kabar meninggalnya Mbau Moen sampai ke telinga Megawati pertama kali disampaikan oleh Hasto. Menurut Hasto, putri presiden pertama Indonesia ini tak dapat menahan rasa sedihnya ketika mendengar kabar duka itu.

“Ketika saya menyampaikan berita duka ke Ibu Megawati Soekarnoputri, Beliau nampak begitu berduka, tidak mampu menahan kesedihan mendalam, dan langsung mendoakan Beliau, memohon kepada Allah SWT agar almarhum khusnul khatimah," kata Hasto.

3. Megawati dan Mbah Moen punya hubungan dekat

Mbah Moen dan Megawati Punya Kedekatan, Ini Kegiatan Rutin KeduanyaIDN Times/Helmi Shemi

Hasto mengatakan Megawati dan keluarga besar PDIP merasa kehilangan sosok ulama karismatik, yang menjadi sumber keteladanan itu. Selama ini, Megawati memiliki hubungan dekat dengan Mbah Moen.

“Memang Mbah Moen dan Ibu Megawati memiliki hubungan sangat dekat, dan secara periodik mengadakan pertemuan penuh kontemplasi untuk kepentingan bangsa dan bernegara," kata dia.

4. Megawati meminta kader PDIP meneladani sosok Mbah Moen

Mbah Moen dan Megawati Punya Kedekatan, Ini Kegiatan Rutin KeduanyaANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Megawati, menurut Hasto, telah mengarahkan kepada seluruh kader PDIP agar meneladani sosok Mbah Moen.

“Pak Ganjar Pranowo secara khusus diberikan instruksi untuk memberikan penghormatan terbaik di kediaman Beliau, dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada seluruh ahli waris yang tengah berduka," tutup Hasto.

Baca Juga: 3 Hal Tentang Pondok Pesantren Al- Anwar, Warisan Berharga Mbah Moen

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya