Menteri Nadiem Makarim Belum Dapat Wakil, Ini Kata Istana

Posisi Wamendikbud akan diisi sesuai dengan kebutuhan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum menentukan siapa yang akan duduk di kursi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) untuk mendampingi Menteri Nadiem Anwar Makariem.

1. Belum ada keputusan Jokowi soal Wamendikbud

Menteri Nadiem Makarim Belum Dapat Wakil, Ini Kata IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski sudah ada kepastian akan adanya kursi untuk jabatan Wamendikbud, namun menurut Pratikno belum ada keputusan jelas dari Jokowi terkait pengisi pos tersebut. 

Dia juga menjelaskan pengisian pos jabatan Wamendikbud akan bergantung dari kebutuhan Nadiem sebagai Mendikbud. "Tapi kalau dibutuhkan, tentu saja akan diisi. Jadi sampai sekarang ini presiden belum memutuskan," kata Pratikno, Senin (4/11).

2. Wakil menteri bisa dievaluasi setiap saat

Menteri Nadiem Makarim Belum Dapat Wakil, Ini Kata IstanaANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Pratikno menjelaskan, Jokowi tentu akan membicarakan perihal pengisian pos Wamendikbud dengan Nadiem sebelum keputusan siapa yang akan mengisi pos tersebut diambil. Dia juga menjelaskan, evaluasi terhadap kinerja wakil-wakil menteri yang dipilihnya dapat dilakukan kapan saja.

"Ya setiap saat lah (evaluasi). Tapi presiden selalu memberi penugasan juga pada wamen," kata Pratikno. Hingga saat ini ada 12 orang yang telah dilantik Jokowi menduduki jabatan sebagai wakil menteri di sejumlah kementerian.

3. Jokowi sudah tanda tangani perpres tentang Kemendikbud

Menteri Nadiem Makarim Belum Dapat Wakil, Ini Kata IstanaIDN Times/Margith Juita Damanik

Pada 24 Oktober lalu, Jokowi menerbitkan dan menandatangani Perpres nomor 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam perpres tersebut dijelaskan juga mengenai tugas dan tanggung jawab wakil menteri.

Salah satu tugas wamendikbud nantinya adalah untuk melakukan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di kementerian. Dalam Perpres juga dijelaskan posisi Wamendikbud tetap berada di bawah sehingga harus tetap bertanggung jawab kepada Mendikbud.

Pihak istana menginformasikan belum ada keputusan dari Jokowi apakah posisi ini akan diisi oleh sosok dari lingkungan partai politik atau profesional.

Baca Juga: Diminta Jokowi Bikin Aplikasi, Nadiem Minta Waktu 100 Hari

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya