One Way Mulai Berlaku Hari Ini, dari Tol Palimanan hingga Cikampek

Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik

Jakarta, IDN Times - Kepolisian berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari gerbang Tol Palimanan Utama KM 188 hingga Tol Jakarta-Cikampek KM 47 pada pukul 11.00-24.00 WIB, Kamis (5/5/2022).

Pemberlakuan one way diberlakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik para pemudik menuju Jakarta. 

1. One way dilanjutkan contra flow

One Way Mulai Berlaku Hari Ini, dari Tol Palimanan hingga CikampekSejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rekayasa lalu lintas akan mulai diberlakukan hari ini. One way akan dimulai dari gerbang tol Palimanan Utama KM 188 sampai dengan KM 72 Cikampek.

Selain itu polisi juga akan memberlakukan contra flow sampai Tol Cikampek KM 47. Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek akan diberikan relaksasi 1 jalur.

Baca Juga: Arus Lalin Normal, One Way di Tol Cikampek-Kalikangkung Berakhir

2. Mekanisme rekayasa lalu lintas dapat berubah

One Way Mulai Berlaku Hari Ini, dari Tol Palimanan hingga CikampekKebijakan one way di Tol Japek resmi ditutup Jumat (29/4/2022) pagi. (dok. IDN Times/Istimewa)

Jika kepadatan lalu lintas semakin meningkat, one way akan ditingkatkan mulai dari gerbang Tol Palimanan Utama KM 188 sampai dengan Tol Jakarta Cikampek KM 47 (tanpa relaksasi) dengan perpanjangan waktu. Sementara, jika kepadatan berkurang, one way dapat diakhiri lebih cepat dari jadwal.

"Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi / pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way ( jam 09.00 ) setelah itu rekayasa lalin one way akan dimulai pukul 11.00 wib," ujar Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Setelah pelaksanaan one way, normalisasi akan dilakukan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan sebelum jalur dibuka secara normal.

3. Rekomendasi jalur alternatif

One Way Mulai Berlaku Hari Ini, dari Tol Palimanan hingga CikampekIlustrasi tol (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jelang puncak arus balik Lebaran 2022, Polri juga memberikan jalur alternatif. Rekomendasi ini diberlakukan bagi pengguna jalan ke Cirebon dan arah ke Jawa Tengah.

Jalur alternatif ke Cirebon dan arah ke Jawa Tengah:
1. Keluar gerbang tol Karawang Barat, Jalan Raya Pantura, - Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Jomin - Pantura.
2. Keluar gerbang tol Kartim- Kalri - Pasar Kosambi - Jomin - Pantura.
3. Keluar gerbang Cikopo - SP Jomin - Pantura.

Baca Juga: 7 Aksesoris Mobil Mudik, Biar Mudik Jadi Nyaman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya