Presiden Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke Pasar Tanah Abang

Ikut Jokowi "blusukan" ke Pasar Tanah Abang

Jakarta, IDN Times – Delegasi Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde hari ini (26/2) menemui Presiden Joko Widodo. Keduanya membahas sejumlah hal penting.

Jokowi menerima Christine di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat. Diketahui turut hadir bersama dengan Presiden Jokowi pada pertemuan tersebut antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Sekertaris Negara Pratikno.

“Saya sangat senang kembali ke Indonesia untuk mengunjungi negara Anda yang indah, berjumpa dengan masyarakat, dan menikmati budaya yang sangat kaya dan beragam,” kata Christine dalam video yang diunggah di akun twitter resmi @IMFNews hari Jumat (23/2) lalu.

“Karena saya suka Indonesia. Terutama karena saat ini adalah momen penting bagi Indonesia dan IMF,” kata Christine memberitahukan alasan mengapa ia kembali mengunjungi Indonesia.

1. Membicarakan persiapan annual meeting IMF-World Bank

Presiden Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke Pasar Tanah AbangANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Hal penting dan utama yang dibahas dalam pertemuan antara Direktur Pelaksana IMF dengan Presiden Jokowi) terkait dengan persiapan pertemuan tahunan IMF-World Bank di mana Indonesia yang akan menjamu sebagai tuan rumah. “Karena pada Oktober tahun ini pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia akan digelar di Indonesia,” kata Christine menyampaikan momen penting bagi Indonesia dan IMF yang sebelumnya sempat disebutkannya.

Dalam unggahan lain di akun twitter resmi @IMFNews, Christine juga mengatakan akan ada konferensi Internasional dari IMF di Jakarta. “Dan fokus dari konferensi tersebut adalah untuk menganalisa tren global dan menganalisis bagaimana negara dapat mengadopsi kebijakannya untuk untuk mengubah dunia dan tetap makmur,” kata Christine.

Baca juga: Jokowi Diusung Kembali, PDIP Segera Bentuk Koalisi

2. Christine diajak “blusukan” ke pasar Tanah Abang

Presiden Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke Pasar Tanah AbangTwitter/@KSPgoid

Kata “blusukan” dan Jokowi seolah mejadi dua kata yang sudah tak lagi asing untuk dikombinasikan. Kali ini, Presiden Jokowi mengajak direktur pelaksana IMF Christine Lagarde untuk “blusukan” ke pasar Tanah Abang supaya dapat melihat secara langsung aktivitas ekonomi di salah satu pasar terbesar di Indonesia. Hal ini dilakukan Jokowi juga sekaligus untuk memperlihatkan kepada Christine dan rombongannya bahwa usaha mikro di Indonesia sangat banyak dan betapa dominannya sektor UMKM di Indonesia.

Rombongan Presiden Jokowi dan Christine disambut antusiasme masyarakat yang sedang berada di pasar Tanah Abang. Rombongan kemudian berkeliling ke sejumlah toko yang ada di pasar Tanah Abang. Dalam blusukannya bersama Christine Lagarde, Presiden Jokowi tampak pula ditemani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

3. Pertemuan ke-2 dengan Presiden RI setelah tahun 2015 silam

Presiden Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke Pasar Tanah AbangTwitter/@KSPgoid

Pertemuan Jokowi dan Christine ini merupakan kali kedua bagi Christine dapat menemui orang nomor 1 di Republik Indonesia itu. Sebelumnya Christine pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 2013 silam. Tahun 2015 silam, Indonesia juga mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari pertemuan Internasional IMF dengan Group Bank Dunia yang kala itu acaranya dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 di Nusa Dua, Bali.

Saat menjalani kunjungannya di Indonesia hari ini Christine mengapresiasi salah satu kebijakan pemerintahan Jokowi yakni mengenai sistem jaminan kesehatan di Indonesia. Dalam acara pertemuan tahunan IMF dan grup Bank Dunia bulan Oktober mendatang, para menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari kurang lebih 189 negara akan hadir. Diperkirakan akan ada 15ribu orang yang hadir selama penyelenggaraan acara tersebut.

Baca juga: Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya