Puan Maharani Diutus Undang Korea Utara ke Asian Games

Presiden RDRK diundang ke pembukaan Asian Games

Jakarta, IDN Times - 18 hari menjelang dimulainya perhelatan Asian Games 2018, Indonesia sebagai tuan rumah mematangkan persiapan. Termasuk mengundang pemimpin negara di Asia untuk hadiri pembukaan Asian Games 2018.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mendapat kesempatan menjadi utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk melakukan courtesy call.

Courtesy call yang dipercaya kepada Puan dilakukan dengan pemerintah Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) di Pyongyang.

1. Menyampaikan langsung undangan presiden

Puan Maharani Diutus Undang Korea Utara ke Asian GamesIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Puan berkesempatan menyampaikan secara langsung undangan dari Presiden RI kepada Pemimpin RDRK untuk menghadiri Upacara Pembukaan Asian Games 2018. Pada courtesy call tersebut, Menko PMK diterima oleh dengan H.E. Kim Yong Nam, Presiden Presidium Majelis Rakyat Agung, RDRK.

“Indonesia sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea yang telah diberikan selama ini untuk kelangsungan Asian Games 2018,” kata Puan.

“Kami mengharapkan Pimpinan RDRK berkenan berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games di Jakarta,” tambahnya.

2. Presiden terbitkan surat undangan untuk pemimpin RDRK

Puan Maharani Diutus Undang Korea Utara ke Asian Gamessetkab.go.id

Presiden RI telah menerbitkan surat undangan kepada pemimpin RDRK dan Presiden Republik Rakyat Korea (ROK) untuk dapat menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Hal ini menjadi bentuk tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjeom dimana kedua Korea telah sepakat untuk melakukan partisipasi bersama dibawah bendera Korea pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Baca Juga: Prabowo dan Ustaz Somad Akan Bertemu, Ini Tanggapan Salim Segaf

3. Puan menyerahkan maskot Asian Games

Puan Maharani Diutus Undang Korea Utara ke Asian GamesANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Puan Maharani dalam menjalankan tugasnya juga menyerahkan maskot Asian Games 2018 kepada Presiden Presidium, H.E. Kim Yong Nam.

Selain Pertemuan dengan H.E. Mr. Kim Yong Nam, Puan juga berkesempatan bertemu denhgan Wakil Perdana Menteri H.E. Mr. Ri Ryong Nam. Dalam pertemuan tersebut dibahas upaya untuk menjajaki peningkatan kerja sama di bidang sosial budaya, termasuk bidang sepak bola; kerja sama di bidang ekonomi dan perikanan.

Turur hadir dalam courtesy call RI-RDRK di Pyongyang, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia selaku Chief de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games, Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si, Duta Besar RI untuk RDRK, Bambang Hiendarsto, dan Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kemenlu, Edi Yusup.

Baca Juga: Pilpres 2019: Jokowi Undang Sekjen Partai Pendukungnya ke Istana Bogor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya