Ratusan Personel Polri Siap Amankan Konser Avanged Sevenfold

Konser berlangsung malam ini pukul 19.00 WIB

Intinya Sih...

  • Lebih dari 700 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan konser Avenged Sevenfold di Stadion Madya GBK. Personel disebar di sejumlah titik kawasan sekitar stadion untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan.

Jakarta, IDN Times - Lebih dari 700 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan konser musik band metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Konser akan berlangsung di Stadion Madya Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (25/5/2024) malam.

“Hari ini kami kerahkan 710 personel gabungan untuk mengamankan acara konser musik Avanged Sevenfold yang digelar di stadion Madya GBK, Jakarta Pusat. Personel gabungan itu terdiri dari TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Matt Shadows Ungkap Alasan Avenged Sevenfold Cuma Konser di Jakarta

1. Personel keamanan disebar ke sejumlah titik

Ratusan Personel Polri Siap Amankan Konser Avanged SevenfoldSebanyak 710 personel gabungan amankan konser Avenged Sevenfold (dok. Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Personel gabungan akan disebar di sejumlah titik kawasan sekitar Stadion Madya GBK. Ini dilakukan guna mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan.

“Kami imbau agar tetap berhati-hati membawa barang berharga seperti HP, dompet atau pun perhiasan agar tidak dicopet. Para penonton juga tetap waspada dengan adanya tiket palsu dan jangan sampai terkena bujuk sama oknum-oknum,” kata Susatyo.

2. Siapkan rekayasa lalu lintas situasional

Ratusan Personel Polri Siap Amankan Konser Avanged SevenfoldIlustrasi lalu lintas (Dok. Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub)

Susatyo mengatakan pihaknya siap melakukan rekayasa arus lalu lintas di sekitar kawasan GBK, jika kondisi penonton membeludak. 

“Kami sudah antisipasi untuk melakukan pengaman dan mencegah tindak kejahatan saat konser berlangsung. Rekayasa lalu lintas dilihat kondisi dari lapangan dan bersifat situasional,” ujar dia.

Susanto meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan, agar tetap bersikap humanis.

Baca Juga: Persiapan Killing Me Inside Re:Union, Opening Konser Avenged Sevenfold

3. Stadion Madya sudah dipenuhi penonton

Ratusan Personel Polri Siap Amankan Konser Avanged SevenfoldSebanyak 710 personel gabungan amankan konser Avenged Sevenfold (dok. Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Penonton disebut sudah memenuhi kawasan Stadion Madya Gelora Bung Karno sejak pukul 15.00 WIB. Konser Avenged Sevenfold diagendakan mulai pukul 19.00 WIB dan akan berakhir pukul 22.30 WIB.

Susatyo berharap penonton tertib, tidak ada yang membawa petasan atau fler, senjata tajam, maupun miras. Panitia melalui tim medis diminta segera menangani jika ada penonton yang mengeluh sakit.

Dia memastikan timnya tidak akan membawa senjata api dalam pengamanan konser.

"Kita layani saudara-saudara kita yang akan menonton konser, tidak ada yang membawa senjata api dalam pengamanan. Semua perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil Obyek. Tidak ada gerakan dan tindakan tambahan yang bersifat pribadi," kata Susatyo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya