Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat

Tokoh-tokoh Jawa Barat mendukung Jokowi

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan komitmennya untuk memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin.

Hal ini disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di sebuah warung di Jalan Terusan ABC, Kota Bandung, Jumat (22/2) malam. Di lokasi tersebut, Emil bertemu dengan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Baca Juga: Ratusan Ibu-Ibu Kota Bandung Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin

1. Tegaskan target menangkan Jokowi di depan Hasto

Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa BaratIstimewa

Ridwan Kamil menegaskan komitmennya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat, di depan Hasto. Keduanya diketahui berbincang mengenai strategi pemenangan di Provinsi Jawa Barat.

"Terkait dengan Pilpres, karena kami satu koalisi, saya sudah dengan tegas menyatakam dukungan ke 01," kata Ridwan Kamil di sela Safari Kebangsaan VIII menyusuri Bandung - Cimahi.

2. Sebut Jokowi-Ma'ruf pasangan serasi

Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa BaratANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ridwan Kamil berpendapat, pasangan Jokowi-Ma'ruf adalah kombinasi pasangan pekerja keras dan bisa mengayomi. Kedua sosok ini juga dianggap dapat menjaga nilai-nilai keumatan di Indonesia.

"Inilah kondisi paling pas. Yang satu ngegas, yang satu ngerem. Ini pas. Ini sudah jodohnya. Kami doakan nanti di hari pencoblosan bisa sangat maksimal dan bisa saya monitor," kata Ridwan Kamil.

3. Ridwan Kamil melaporkan kondisi politik di Jawa Barat

Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa BaratIDN Times/Galih Persiana

Ridwan Kamil juga melaporkan kondisi politik terkini di Jawa Barat kepada Hasto. Keduanya lantas mendiskusikan apa yang lebih disinergikan untuk memaksimalkan tujuan pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Jadi logikanya simpel ya. Dulu dengan kalah minus 20 persen di Jawa Barat, Pak Jokowi bisa menjadi presiden. Per hari ini survei mengindikasikan sudah hampir seimbang, bahkan beberapa survei sudah lebih," kata Ridwan Kamil.

4. Ridwan Kamil prediksi 4 juta warga Jabar kini balik arah pilih Jokowi

Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa BaratIDN Times/Yogi Pasha

Namun, Ridwan Kamil belum berani menyebutkan angka spesifik terkait persentase kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat. Hingga saat ini belum ada angka spesifik dari Ridwan Kamil.

"Tapi yang pasti kalau dulu minus, sekarang harus plus lah," kata dia.

Ridwan Kamil mengindikasikan ada 4 jutaan warga Jabar yang dulu tidak memilih Jokowi, kini sudah balik kanan. "Meyakini kepada 01. Tentu keyakinannya harus kita buktikan secara faktual nanti di hari pencoblosan," paparnya.

5. Tokoh-tokoh Jawa Barat mendukung Jokowi

Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jawa BaratIDN Times/Irfan Fathurohman

Hasto mengatakan bahwa seluruh partai politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bersama relawan, akan terus bekerja keras mengupayakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf, termasuk di Jawa Barat.

Hasto menyebutkan, di wilayah Jawa Barat ada dukungan dari tokoh-tokoh seperti Ridwan Kamil, Agum Gumelar, Solichin GP, Deddy Mizwar, TB Hasanuddin, dan Dedi Mulyadi.

"Seluruh tokoh itu sudah bergabung menyatukan diri dalam kepemimpinan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Ini merupakan hal yang sangat positif, dan sebagaimana disampaikan oleh Pak Ridwan Kamil tadi," kata Hasto.

Baca Juga: Tito Karnavian dan Ridwan Kamil: Indonesia Akan Jadi Negara Adidaya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya