Yuk, Menengok Kampung Betawi di Ancol!

Kini gak bingung lagi mencari oleh-oleh khas Jakarta

Jakarta, IDN Times –Menjelang perayaan hari ulang tahun kota Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Kampung Betawi di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/6) sore. Kampung Betawi ini berlokasi di kawasan Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol.

Kampung Betawi merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, dan Komunitas OK OC Smart. Kampung ini diharapkan bisa menjadi pusat oleh-oleh khas betawi.

1. Kampung Betawai diramaikan puluhan UMKM  

Yuk, Menengok Kampung Betawi di Ancol!ppid.jakarta.go.id

Sandiaga mengatakan Kampung Betawi ini diramaikan oleh 42 UMKM cendera mata dan 60 UMKM kuliner. Ia berharap para UKMK tersebut dapat terbantu dengan keberadaan Kampung Betawi ini. “Kita harapkan UMKM, mereka yang tadinya made to order bisa jadi sekarang tampil sebagai oleh-oleh betawi,” kata Sandiaga.

2. Menyediakan kudapan khas Betawi  

Yuk, Menengok Kampung Betawi di Ancol!sahabatkotatua.id

Di Kampung Bewati ini juga terdapat kudapan khas betawi, lho. Kudapan-kudapan ini hanya ada di Kampung Betawi. Jadi, kalau kamu mau mencicipinya, kamu harus datang langsung ke sini.

“Perlu diketahui pusat oleh-oleh Betawi ini akan menjajakan kuliner khas Betawi seperti kerak telor, dodol betawi, hingga bir pletok,” kata Sandiaga.

Selain bisa menyantap kudapan khas Betawi, kamu juga bisa menikmati kesenian musik Betawi, pertunjukan palang pintu, maupun melihat batik dengan motif khas Betawi.

3. Menjadi sarana rekreasi pilihan  

Yuk, Menengok Kampung Betawi di Ancol!IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga berharap Kampung Betawi di Ancol dapat membuat budaya Betawi semakin eksis di Jakarta. Lokasinya yang berada di Taman Impian Jaya Ancol diharapkan bisa membuat kampung ini semakin populer.

“Kadang-kadang orang-orang kan bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Nah, sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol, khususnya di Pasar Seni,” kata Sandiaga.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Betawi untuk Mudik Lebaran, Enak dan Tahan Lama

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya