Comscore Tracker

Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu Ani

Kain batik hitam bergambar burung phoenix

Jakarta, IDN Times - Keluarga Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kompak mengenakan baju seragam saat melakukan ziarah ke makam almarhumah Ani Yudhoyono di Lebaran hari pertama pada Rabu (5/6) pagi kisaran pukul 10.45 WIB. Bersama kedua putranya, dua menantunya, dan keempat cucunya, SBY datangi pusara istrinya.

Keluarga Yudhoyono datangi makam Ani Yudhoyono usai menjalanlan Salat Id di kawasan Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Setelahnya, putra dan menantu SBY bertolak ke Istana Negara untuk bersilaturahmi denga keluarga Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo.

"Mawar merah, melati putih, menggambarkan kecintaan Ibu Ani terhadap Indonesia tercinta," kata SBY sebelum menaburkan bunga di pusara sang istri seperti dikutip dari video viral di Instagram @kibcentre.

1. Kompak pakai batik pilihan Ani

Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu AniDok. Istimewa/IDN Times

Dilansir dari Antara, SBY bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kedua menantunya, Annisa Pohan Yudhoyono dan Aliya Rajasa Yudhoyono, serta keempat cucunya mengenakan busana batik berwarna hitam bergambar burung phoenix saat berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

SBY, AHY, dan Ibas beserta kedua putra Ibas kompak memakai batik yang juga disebut bermotif sawunggaling sebagai kemeja. Keempatnya mengenakan celana bahan hitam untuk menyempurnakan penampilannya.

SBY, AHY dan Ibas juga tampak kompak mengenakan kacamata hitam.

Baca Juga: Detik-detik Terakhir Kebersamaan Ani Yudhoyono dan SBY

2. Menantu penuhi permintaan Ibu Ani dengan memakai atasan putih gading

Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu AniDok. Istimewa/IDN Times

Kedua menantu SBY dan Ani Yudhoyono, Annisa Pohan Yudhoyono dan Aliya Rajasa Yudhoyono, mengenakan busana dengan atasan putih gading dan bawahan batik bermotif phoenix.

Hal ini seolah memenuhi permintaan Ani yang sempat disampaikan Annisa. Annisa bercerita bahwa Ibu Ani sempat meminta dirinya mencarikan atasan berwarna putih gading sebagai pasangan dari kain batik yang sudah dipesan Ibu Ani.

Selain itu, anak bungsu Aliya dan Ibas, Gayatri Idalia Yudhoyono, juga mengenakan batik serupa dalam bentuk dress selutut tanpa lengan. Hanya putri Annisa dan AHY, Almira Tunggadewi Yudhoyono, yang saat itu tak memakai busana seragam, yang sebenarnya sama seperti yang keluarga SBY kenakan saat mengantarkan jenazah Bu Ani ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Minggu (2/6) lalu.

3. SBY sapa pelayat yang sudah datang

Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu AniDok. Istimewa/IDN Times

Mendekati pusara sang istri, SBY menyempatkan diri menyapa para pelayat yang sudah lebih dulu hadir. SBY mengucapkan selamat Lebaran kepada para pelayat.

"Rekan-rekan, minnal aidzin walfaidzin. Mohon maaf lahir dan batin," kata SBY. Keluarga Yudhoyono lantas tampak duduk di kursi yang berada di tepi pusara Ani.

4. SBY cerita soal kain batik

Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu AniDok. Istimewa/IDN Times

SBY sempat sedikit bercerita terkait kain batik yang dia dan keluarga kenakan hari ini (5/6). Menurutnya, kain tersebut merupakan kain yang dipilihkan mendiang Bu Ani.

"Warna pilihan ibu, ingin nuansanya hitam. Ibu bilang nanti kita pakai di rumah sakit pada saat Lebaran. Ternyata dipakai ibu (untuk menutupi jenazahnya). Maksudnya pakai batik di rumah sakit ya itu. Kami gak tahu maksudnya almarhumah," kata SBY.

Baca Juga: Anak SBY Kunjungi Istana, Ini Pesan Jokowi Untuk SBY

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You