Usai Gempa Banten, PLN Pastikan Jaringan Listrik di Pandeglang Aman

PLN berharap gempa tak timbulkan gangguan listrik

Serang, IDN Times - PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten memastikan kondisi jaringan listrik masih aman usai gempa yang melanda di wilayah Banten dan sekitarnya.

Manajer Sub Bidang Komunikasi PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten, Eman, dikonfirmasi pada Sabtu (3/8), menyatakan informasi terkini jaringan listrik masih aman.

"Informasi yang kita dapatkan dari tim di lapangan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan yang terdampak dari gempa yang melanda Banten dan berpusat di Sumur masih aman," ujarnya.

1. Eman berharap jaringan listrik tetap bisa sampai ke pelanggan

Usai Gempa Banten, PLN Pastikan Jaringan Listrik di Pandeglang AmanIDN Times/Maulana

Eman juga berharap agar gempa ini tidak berkelanjutan sehingga jaringan listrik tetap bisa menyala dan tidak ada korban jiwa. Eman menyampaikan, untuk informasi terkait gangguan atau keluhan pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123.

"Kita berharap agar kejadian ini tidak berkelanjutan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa dan jaringan listrik kita tetap bisa mengalir ke pelanggan," katanya.

Baca Juga: Gempa 6,9 SR Hantam Banten, Sedikitnya 15 Rumah Rusak

2. BMKG mutakhirkan data magnitudo gempa

Usai Gempa Banten, PLN Pastikan Jaringan Listrik di Pandeglang AmanIDN Times/Maulana

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 M pada pukul 19:03:21 WIB, berlokasi di 7.54 lintang selatan, 104.58 bujur timur. Pusat gempa berada di 147 kilometer barat daya Sumur, Kabupaten Pandeglang, dengan kedalaman 10 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memutakhirkan data tentang kekuatan gempa tersebut menjadi bermagnitudo 6,9 M dan menyatakan peringatan dini tsunami diakhiri, kurang lebih pada dua jam setelah terjadi gempa bumi yang juga dirasakan warga di sejumlah daerah tersebut.

3. Seratus lebih bangunan rusak akibat gempa

Usai Gempa Banten, PLN Pastikan Jaringan Listrik di Pandeglang AmanANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki/af

Menurut keterangan yang diterima BNPB, terdapat 113 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa semalam. Ada pun rinciannya sebagai berikut :

• 34 unit rumah (Rusak Biasa)
• 21 unit rumah (Rusak Sedang)
• 58 unit rumah (Rusak Ringan)
• 1 unit kantor desa (Rusak Ringan)
• 2 unit masjid (Rusak Ringan)

4. Terdapat 4 orang luka-luka dan 1 meninggal akibat gempa

Usai Gempa Banten, PLN Pastikan Jaringan Listrik di Pandeglang AmanIDN Times/Toni Kamajaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat 4 orang yang mengalami luka-luka dan 1 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Banten tadi malam. 3 orang yang mengalami luka-luka berasal dari Sukabumi dan 1 orang berasal dari Pandeglang.

Sedangkan warga yang meninggal dunia, bernama Rasinah (48) warga Kp Cilangkahan RT 03/01, Desa Pecangpari, Kecamatan Cigemblong, yang meninggal akibat panik sehingga mengalami serangan jantung.

Baca Juga: 1 Orang Meninggal dan 4 Orang Luka Akibat Gempa Banten Semalam

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya