Manfaatkan Alsintan, Kementan Dukung Modernisasi Pertanian

Semua sektor sudah tersentuh kemajuan teknologi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot sektor pertanian melalui pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan). Untuk itu, Kementan mendukung modernisasi pertanian di Aceh Besar melalui pemanfaatan alsintan.

Untuk membantu mengembangkan sektor pertanian Aceh Besar, sejumlah alsintan diberikan untuk 7 kelompok tani, di antaranya alsintan jenis traktor roda dua.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan modernisasi pertanian harus mulai diterapkan di pertanian Tanah Air. Di era 4.0, semua sektor sudah tersentuh kemajuan teknologi, juga digital. 

“Pertanian itu seperti itu. Oleh karena itu, kita mendukung pemanfaatan alsintan,” tuturnya.

1. Penggarapan pertanian harus ada sentuhan teknologi

Manfaatkan Alsintan, Kementan Dukung Modernisasi PertanianMelalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementan memberikan Alsintan ke Poktan/Gapoktan di Kabupaten Sanggau. (Dok. Kementan)

Penegasan serupa disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil.

“Pertanian tidak boleh lagi digarap dengan cara-cara tradisional. Harus ada sentuhan teknologi seperti dengan memanfaatkan alsintan,” tuturnya.

Baca Juga: Perkuat Pertanian Pidie, Kementan Beri Bantuan Alsintan 

2. Keunggulan memanfaatkan alsintan

Manfaatkan Alsintan, Kementan Dukung Modernisasi PertanianProgram bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang direalisasikan Kementerian Pertanian (Kementan), Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP). (Dok. Kementan)

Ali menjelaskan sejumlah keunggulan dengan memanfaatkan alsintan.

“Yang pasti biaya produksi bisa ditekan. Selain itu waktu untuk menanam maupun panen lebih cepat. Sehingga indeks pertanaman pun bisa ditingkatkan. Dan ini tentu akan menguntungkan para petani,” katanya.

Penyerahan bantuan alsintan dilakukan di Kantor Mekanisasi Alat dan Mesin Pertanian Kuta Malaka Aceh Besar beberapa waktu lalu.

3. Pertanian merupakan sektor terbesar PAD Aceh Besar

Manfaatkan Alsintan, Kementan Dukung Modernisasi PertanianIlustrasi lahan pertanian (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Kadis Pertanian Aceh Besar, Jakfar, berharap alat pertanian ini dapat membantu petani.

"Harapannya semoga dengan adanya bantuan alat pertanian ini petani di Aceh Besar bisa semakin sukses dan jaya, alat pertanian yang diberikan kepada kelompok tani tersebut tetap dalam pengawasan dinas pertanian Aceh Besar," ungkapnya.

Menurut Jakfar, pertanian di Aceh Besar merupakan sektor unggulan penunjang PAD.

"Pertanian merupakan sektor terbesar PAD Aceh Besar, maka kita semua bersinergi meningkatkan sektor pertanian," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Kementan Imbau Petani Sigli Jaga Produktivitas dengan Asuransi

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya