Pj Gubernur Aceh: Aceh Punya Parameter Penting untuk Menarik Investasi

Keamanan bukan lagi masalah dalam investasi di Aceh

Jakarta, IDN Times - Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mengajak para pengusaha asal Aceh yang berada di luar daerah untuk pulang kampung membangun daerah sendiri. Achmad Marzuki menyebutkan, pihaknya sudah menemui pengusaha asal Aceh di Medan, Jakarta, dan daerah lain. Mereka yang punya keterampilan dan modal diharapkan mau membangun daerahnya.

“Saya selalu mengajak pengusaha asal Aceh di luar daerah yang sukses untuk pulang kampung membangun daerah," kata Achmad Marzuki kepada sejumlah wartawan di Warkop Solong Pango, Banda Aceh, Sabtu (15/10/2022).

Pj Gubernur Aceh itu menyebutkan, Aceh kini sudah punya sejumlah parameter penting untuk menarik investasi, mulai dari stabilitas politik dan keamanan yang kondusif, diikuti regulasi yang jelas dan mudah, dan ketersediaan bahan baku. Infrastruktur pun terus dibangun. 

"Jadi, keamanan bukan lagi masalah dalam investasi di Aceh. Izin-izin pun semakin mudah," katanya.

1. Pelibatan BUMD bisa membuka lapangan pekerjaan

Pj Gubernur Aceh: Aceh Punya Parameter Penting untuk Menarik InvestasiIlustrasi pekerja pabrik (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Begitu pun Pj Gubernur Aceh itu berharap pengusaha harus menggandeng BUMD (Badan Usaha Milk Daerah) agar punya dampak besar untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat. Ini merupakan salah satu syarat yang dia patok bagi investor yang akan masuk Aceh. 

"Dengan pelibatan BUMD, maka bisa membuka lapangan pekerjaan, sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran di daerah,” kata Achmad Marzuki. 

Baca Juga: Demi Jadi Provinsi Ramah Investasi, Aceh Terus Tingkatkan Kualitas

2. BUMD berperan mengembangkan bidang ekonomi daerah

Pj Gubernur Aceh: Aceh Punya Parameter Penting untuk Menarik InvestasiIlustrasi aktivitas di pabrik (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Beberapa investor yang berniat membangun pabrik minyak goreng dimintanya untuk mau bekerja sama dengan BUMD.

BUMD dinilainya berperan mengembangkan bidang ekonomi daerah. Oleh karena itu, harus dikelola dengan manajemen yang baik. Sayangnya, kata Marzuki, banyak BUMD di Aceh saat ini tak berkinerja baik, sehingga dirinya juga harus melakukan pembinaan BUMD tersebut sebelum digandeng investor. 

3. Pemprov Aceh terus mempersiapkan regulasi, infrastruktur, dan iklim berusaha yang kondusif

Pj Gubernur Aceh: Aceh Punya Parameter Penting untuk Menarik InvestasiIlustrasi produk UMKM (IDN Times)

Meski kini iklim investasi di Aceh sudah sangat baik, Pj Gubernur Aceh itu mengaku masih membutuhkan waktu untuk mendatangkan investor ke Aceh, terutama terkait kondisi ekonomi dunia yang kurang baik. 

Namun, dirinya tak akan berdiam diri. Pihaknya terus mempersiapkan regulasi, infrastruktur, dan iklim berusaha yang kondusif. Untuk seluruh warga Aceh, Achmad Marzuki berharap selalu kompak dan bekerja sama membangun Aceh. Kerja-kerja besar seperti mendatangkan investor ini hanya bisa diwujudkan secara bersama-sama. (WEB)

Baca Juga: KIP Aceh Tetapkan 4 Parlok Aceh Lulus Verifikasi Administrasi

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya