Comscore Tracker

BNN Rangkul Generasi Milenial Lakukan Inovasi di Masa Pandemik

BNN membuat e-magazine bernama CETAR

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) merangkul generasi milenial untuk menjadi target audiens penerima informasi pencegahan penyalahgunaan narkoba. BNN pun memutuskan mengganti citra yang selama ini dikenal sebagai garda utama pencegahan dan pemberantasan narkoba, menjadi lebih fleksibel, aspiratif, dan dinamis.

Karena itu, Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Tangerang berinovasi di masa pandemik dengan membuat majalah daring atau e-magazine bernama CETAR.

1. Kearifan lokal dimunculkan pada majalah daring CETAR

BNN Rangkul Generasi Milenial Lakukan Inovasi di Masa PandemikDok. BNN Kota Tangerang

Menggunakan slogan berbahasa Sunda Banten, yakni “Pinter Jasa Loba Kabisa” (sangat pintar dan serbabisa), serta membuat ikon bernama "Kang Benn", saat ini majalah daring CETAR sudah menginjak edisi ketiga.

Kearifan lokal pada majalah daring tersebut dimunculkan dari karakter Kang Benn yang menggunakan pakaian daerah dan panggilan Kang, sebutan khas untuk pria di Banten.

2. CETAR diharapkan menarik perhatian generasi milenial terkait penyalahgunaan narkoba

BNN Rangkul Generasi Milenial Lakukan Inovasi di Masa PandemikIDN Times/Mia Amalia

Untuk diketahui, Kang Benn muncul di rubrik Question n’ Answer untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat seputar permasalahan narkoba di Kota Tangerang.

Inovasi tersebut diharapkan mampu menarik perhatian generasi milenial dan membuat mereka melek informasi seputar permasalahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

"E-Magazine CETAR diharapkan bisa menjadi pusat informasi masyarakat Kota Tangerang terkait kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN), terutama dititikberatkan pada upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kota Tangerang," ujar Plt BNN Kota Tangerang, Jemmy Suatan.

3. Generasi milenial memegang peranan penting di berbagai sektor kehidupan

BNN Rangkul Generasi Milenial Lakukan Inovasi di Masa Pandemikpexels/rawpixels.com

Tidak hanya membahas permasalahan narkoba, e-magazine CETAR juga membahas informasi ringan dan kaya manfaat untuk milenial, seperti rubrik Xperience yang menyajikan mengenai pengalaman pertama melakukan berbagai hal baru, contohnya merasakan Lebaran jauh dari keluarga yang ada di edisi kedua.

Selain itu, ada pula rubrik Do You Know yang memberikan pengetahuan dasar akan berbagai hal. Seperti pada edisi ketiga kali ini, rubrik tersebut menjelaskan mengenai sejarah narkoba dari masa ke masa dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

"Generasi milenial sudah memegang peranan penting di berbagai sektor kehidupan. Di berbagai perusahaan, generasi milenial sudah berada pada jenjang manajerial, sedangkan di institusi pemerintah, mereka sudah menduduki level eselon. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah menjadi CEO di perusahaan yang mereka bangun, bayangkan jika mereka menyalahgunakan narkoba? Bisa hancurlah bangsa kita. Untuk itu, generasi milenial perlu kita persuasi agar memiliki pemahaman bahwa jangan main-main sama narkoba," pungkas Jemmy Suatan.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya