DPD RI: Pemerintah Harus Sikapi Insiden Mahasiswa Papua di Jatim 

Insiden tersebut memicu unjuk rasa di Manokwari

Papua Barat, IDN Times - Wakil Ketua Komite I DPD RI Jacob Essau Komigi yang juga senator asal Provinsi Papua Barat meminta pemerintah serius menangani insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Hal tersebut, kata Komigi, menjadi pemicu aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8).

"Kejadian penghinaan mahasiswa Papua di Jawa Timur berakibat reaksi keras dari warga di tanah Papua. Kami minta pemerintah harus menyikapi kejadian ini," tutur Komigi.

Karena itu, dia meminta Kementerian Dalam Negeri membentuk Tim Pencari Fakta atas dugaan persekusi dan rasialisme yang dilakukan oknum anggota organisasi massa saat mendatangi asrama mahasiswa Papua di Jatim.

1. Komigi mengingatkan semua anak bangsa saling menghormati dan menghargai

DPD RI: Pemerintah Harus Sikapi Insiden Mahasiswa Papua di Jatim Twitter/DPD RI

Di samping itu, Komigi mengingatkan agar semua anak bangsa dapat menjunjung nilai budaya dalam kebinekaan sehingga sesama anak bangsa dapat saling menghargai dan menghormati.

"Kedepankan pendekatan hukum bila ada oknum mahasiswa Papua yang melanggar hukum, dan jauhkan rasisme," kata Komigi.

Selain itu, Komigi berharap oknum pejabat menjaga tutur kata dan tidak membuat pernyataan yang menyulut kemarahan rakyat. Di sisi lain, dia juga mendesak pemerintah untuk segera mengatasi kerusuhan massa di Papua dengan cepat agar suasana di sana bisa kembali aman dan kondusif.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya