4 Fenomena Alam di Indonesia Jelang Pilpres 2019

Gempa bumi hingga empat planet berjajar

Jakarta, IDN Times - Beberapa bulan lagi masyarakat Indonesia akan melaksanakan Pilpres 2019. Namun, sejumlah fenomena alam mewarnai akhir-akhir ini. Sebut saja erupsi Gunung Agung, Gerhana Bulan Total, hingga yang terbaru gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berikut beberapa fenomena alam yang terjadi di Indonesia menjelang Pilpres 2019:

1. Gunung Agung meletus

4 Fenomena Alam di Indonesia Jelang Pilpres 2019Twitter/@sutopo_pn

Gunung Agung meletus di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali pada Selasa (3/7) lalu. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat selama 12 jam terakhir setelah letusan pertama, Gunung Agung mengalami tiga kali gempa letusan, 13 kali hembusan, dua kali gempa vulkanik, dan tiga kali gempa dengan frekuensi rendah. 

Menurut rekaman seismograf di pos pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, pada erupsi pertama, gempa letusan berlangsung 3 menit 47 detik, dengan amplitudo maksimum 18 mm.

Dampak erupsi Gunung Agung, selain warga Bali guyuran abu vulkanik hingga warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Ribuan warga sekitar gunung mengungsi, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Baca Juga: Begini Pesan Dewan Pertimbangan MUI Jelang Pilpres 2019

2. Gerhana Bulan Total atau Blood Moon

4 Fenomena Alam di Indonesia Jelang Pilpres 2019Pixabay.com

Ada yang spesial pada akhir pekan di penghujung Juli 2018. Sebuah fenomena alam langka yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat dunia, termasuk Indonesia, yaitu gerhana bulan total atau Blood Moon.

Di Indonesia masyarakat bisa melihat langsung fenomena ini, dan gerhana bulan total ini terlama sepanjang abad ke-21 yakni 103 menit. Masyarakat dapat menyaksikan mulai pukul 00.13 hingga 06.30.

Malam itu juga Bulan didampingi Mars beserta langit malam berhias hujan meteor, karena gerhana bulan total kali ini planet Bumi berada di posisi jarak terdekat dengan planet Mars. Semua wilayah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena langka ini.

3. Kebakaran Gili Lawa

4 Fenomena Alam di Indonesia Jelang Pilpres 2019Ilustrasi kebakaran (Pixabay)

Pada Rabu (1/8) lalu, pukul 19.00 Wita, Gili Lawa Darat di Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Teggara Timur (NTT) terbakar. Penyebab kebakaran diduga akibat kecerobohan pengunjung.

Kebakaran selama sembilan jam itu melahap sekitar 10 hektare kawasan favorit wisatawan di TNK itu, dan menyebabkan kondisi kawasan tersebut memprihantinkan. Polisi masih mengusut kasus ini untuk mengungkap pelaku.

4. Gempa Lombok

4 Fenomena Alam di Indonesia Jelang Pilpres 2019IDN Times/Ardiansyah Fajar

Gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) pukul 08.46 Wita. Akibat bencana alam ini, ratusan orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, hingga Rabu (8/8) korban meninggal 131 orang dan

Kemudian, pada pukul 19.00 Wita satu korban meninggal dunia kembali ditemukan di Pemenangan Barat, Lombok Utara. Jadi total korban meninggal dunia saat ini 109 orang.

Hingga Rabu, 8 Agustus 2018 warga berhasil ditemukan meninggal dunia 131 korban jiwa.

Baca Juga: Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya