Comscore Tracker

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI

Mereka mengenakan pakaian daerah dari Sabang hingga Merauke

Jakarta, IDN Times - Istana Merdeka kembali memberlakukan tradisi di HUT ke-73 RI agar para tamu mengenakan pakaian daerah. Maka, Istana pun seolah menjadi runaway bagi baju-baju daerah dari seluruh provinsi di Indonesia. Inisiatif ini dimulai tahun 2017 lalu oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Ada Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa. Karena budaya kita ini sangat beragam. Inilah Indonesia," ujar Jokowi di Istana pada tahun lalu. 

Inisiaitif Jokowi ini sekaligus menjawab keresahan publik yang seakan melihat Indonesia justru mulai cenderung kearab-araban. Selain itu, Jokowi juga menggelar sayembara bagi para tamu undangan dengan pakaian daerah terbaik. 

Tahun lalu, pemenang pakaian daerah terbaik diraih oleh istri Kapolri, Tri Suswati yang mengenakan pakaian adat dari Papua. Ada pula Menkum HAM, Yasonna Laoly yang mengenakan kostum adat Nias dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang yang mengenakan pakaian adat daerah Minang. Mereka diberikan hadiah berupa sepeda dari Presiden Jokowi. 

Nah, penasaran dengan pakaian daerah yang dikenakan tamu undangan pada HUT RI tahun ini di Istana? Yuk, kita lihat dari koleksi foto yang dikumpulkan IDN Times berikut: 

1. Jokowi mengenakan pakaian dari Aceh, sedangkan Iriana memakai pakaian dari Minangkabau

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Presiden Joko Widodo dan istri Iriana) www.twitter.com/@maman1965

Pada HUT ke-73 RI, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memilih pakaian dari Provinsi Aceh, sedangkan istrinya mengenakan baju dari Minangkabau, Sumatera Barat. Dalam sebuah foto yang diunggah Jokowi ke akun media sosial, keduanya terlihat kompak melakukan swafoto sebelum mengikuti upacara di Istana Merdeka.

Bukan Jokowi namanya kalau dalam setiap gerakan dan perbuatannya tidak menyimpan pesan tertentu. Dilihat dari pakaian yang dikenakan oleh pasangan RI 1 mengingatkan bahwa dalam Pilpres tahun 2014, Jokowi kalah dalam perolehan suara di dua provinsi tersebut. Wah, ada pesan politik juga ya ternyata.

Baca Juga: HUT RI, 6000 Maba UNESA Nyanyi Lagu Kebangsaan dengan Bahasa Isyarat

2. Menlu Retno Marsudi terlihat anggun mengenakan kebaya berwarna merah asal Yogyakarta

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan suami Agus Marsudi) www.instagram.com/@retno_marsudi

3. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengenakan beskap hitam asal Jawa Tengah

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Kepala Badan Kreatif Triawan Munaf dan istri) www.instagram.com/@triawanmunaf

4. Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti mengenakan kebaya berwarna putih khas Bali

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti bersama desainer Anne Avantie) www.instagram.com/@anneavantie

Melalui akun instagramnya, Anne mengucapkan syukur karena masih diberi kepercayaan oleh Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti untuk membuat kebaya model Bali dengan tema merah putih. Dalam sebuah video yang diunggah ke akun media sosial Anne, Susi terlihat anggun dan begitu bersemangat mengetahui kebaya yang ia kenakan didesain oleh desainer kenamaan Indonesia tersebut.

"Hari ini saya mengenakan kebaya merah putih Anne Avantie dengan model Bali. Akhirnya saya akan berangkat untuk memperingati hari lahir Indonesia yan ke-73," demikian ujar Susi di videi yang diunggah pada hari ini.

5. Menteri ESDM Jonan dan istri juga mengenakan pakaian adat khas Bali

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Menteri ESDM Ignatius Jonan dan istri) Istimewa

6. Menpora Imam Nahrawi beskap berwarna hijau

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi) www.instagram.com/@imamnahrawi

7. Menkum HAM Yasonna Laoly mengenakan pakaian dari Batak Karo

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (pojok kanan) mengenakan pakaian Batak Karo) www.twitter.com/@LaodeMSyarif

8. Pimpinan KPK kompak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah

FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI(Para pimpinan KPK ketika di Istana Merdeka) Istimewa

Dari empat pimpinan KPK yang turut hadir, hanya tiga di antara mereka yang mengenakan pakaian daerah. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kedua dari kiri) mengenakan pakaian asal Sumba. Ketua KPK Agus Rahardjo (ketiga dari kiri) mengenakan pakaian asal Aceh, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (paling pojok kanan) mengenakan pakaian asal Nusa Tenggara Timur.

Lalu, mengapa Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (pojok paling kiri) tidak hanya mengenakan jas formal? Menurut Saut, semula Syarif sudah berencana ingin mengenakan pakaian asal Sulawesi Selatan, sesuai daerah asalnya.

"Tapi, dia berubah pikiran mau mengenakan pakaian dari Madura, namun gak ketemu," ujar Saut melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Jumat (17/8).

Baca Juga: Cerita Jokowi yang Dipanggil "Mbah Wi" Oleh Jan Ethes 

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You