Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara

Komeng masih tak tersaingi

Jakarta, IDN Times - Sejumlah selebritas turut meramaikan kontestasi politik Pemilu 2024. Mereka bertarung memperebutkan kursi DPR RI, DPD RI, hingga DPRD.  

Melalui penghitungan resmi dari situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mereka ada yang berhasil lolos ke parlemen dan ada juga yang terancam gagal melaju sebagai penyambung lidah rakyat. Siapa saja mereka?

Baca Juga: Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga Verrell

1. Komeng memperoleh 1.5 juta suara untuk caleg DPD RI dapil Jabar

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementarapotret Komeng (instagram.com/komeng.original)

Publik dikejutkan dengan komedian senior Komeng yang menjadi perbincangan dengan foto uniknya di kertas suara anggota DPD RI.

Artis bernama asli Alfiansyah tersebut meraih posisi pertama dalam perolehan suara terbanyak sebagai anggota DPD RI dari Dapil Jawa Barat, dengan 1.556.735 suara atau 12,4 persen total suara Jawa Barat.

Dalam perolehan suara sementara ini, Komeng masih bertahan di posisi pertama dari 53 calon anggota DPD lain di Dapil Jabar.

Baca Juga: Komeng Dominasi Perolehan Suara di Dapil Jawa Barat

2. Jihan Fahira memperoleh 598 ribu suara untuk caleg DPD RI dapil Jabar

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementarapotret Jihan Fahira (instagram.com/jihanfahirareal)

Jihan Fahira juga menjadi salah satu caleg artis dengan perolehan suara terbanyak di Dapil Jawa Barat. Dia berhasil meraih 598.451 suara atau 4,77 persen dari total suara.

Finalis Gadis Sampul 1993 ini menempati posisi ketiga sebagai caleg DPD Jawa Barat dengan suara terbanyak, setelah Komeng dan Aanya Rina Casmayanti.

3. Uya Kuya meraih 120 ribu suara

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementarapotret Uya Kuya dan Astrid pulang ke Indonesia dari Amerika (king_uyakuya)

Selebritas Uya Kuya yang maju sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN), juga memperoleh suara relatif tinggi, yakni 124.665 suara untuk anggota DPR RI pada Pileg 2024.

Uya Kuya bersaing dengan caleg artis lain separtainya di Dapil DKI Jakarta II yakni Lula Kamal, dan Once Mekel dari PDIP.

4. Lula Kamal raih 113.150 suara

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara(instagram.com/lulakamaldr)

Lula Kamal menyusul berada di peringkat keempat perolehan suara terbanyak. Presenter yang merupakan lulusan kedokteran Universitas Trisakti ini memperoleh 113.150 suara, untuk caleg DPR RI dari PAN dapil DKI Jakarta II.

5. Once Mekel memperoleh 85.247 suara

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi SementaraDewan Penasihat TKN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan Once Mekel menyanyikan lagu ''Untuk Indonesia'' di kampanye terbuka capres dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu (10/2/2024). (Youtube.com/PDI Perjuangan)

Mantan vokalis Dewa 19, Ellfonda Mekel atau dikenal dengan Once Mekel, berhasil meraih 85.247 suara di dapil DKI Jakarta II, dalam debutnya sebagai caleg DPR RI dari PDIP. Once bersanding dengan politisi besar seperti Eriko Sutarduga, Masinton Pasaribu, dan Ronny Talapessy di partai yang sama.

Baca Juga: Jadi Cawapres Anies, Cak Imin Berhasil Kerek Suara PKB di Pileg 2024

6. Primus mendapat 57 ribu di Dapil Jabar V, kalahkan Adian Naputupulu dan Anang Hermansyah

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara(Instagram/@jihanfahirareal)

Primus Yustisio meraih suara sebanyak 57.585 di Dapil Jawa Barat V dengan partai pengusung PAN. Primus kalah unggul dari politikus senior Partai Gerindra Fadli Zon yang memperoleh 62.635 suara.

Kendati, suami dari selebritas Jihan Fahira itu berhasil mengalahkan perolehan suara dua politikus senior PDIP Adian Napitupulu yang memperoleh 36.358 suara, dan Anang Hermansyah yang hanya memperoleh 17.485 suara. 

7. Tommy Kurniawan raih 46.384 suara

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi SementaraTommy Kurniawan dan istri pramugarinya (Instagram.com/tommykurniawan)

Tommy Kurniawan yang maju menjadi caleg DPRI dari PKB untuk Dapil Jawa Barat V, semntara ini berhasil meraih suara tertinggi di partainya, yakni 46.384 suara. Dia mengalahkan suara Ramzi yang maju dari Partai NasDem dengan perolehan 16.666 suara.

8. Nafa Urbach meraih 44 ribu suara

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi SementaraNafa Urbach dan Vicky Shu wakili Nasdem (Instagram.com/vickyshu)

Penyanyi Nafa Urbach menjadi satu-satunya caleg DPR RI di Dapil Jawa Tengah VI, dan juga memperoleh suara terbanyak di provinsi tersebut.

Sebagai caleg DPR RI dari Partai NasDem, Nafa berhasil mengumpulkan 44.016 suara, sementara caleg NasDem lainnya di dapil tersebut hanya mendapatkan suara antara 1 hingga 15 ribu.

Tak hanya Nafa, ada juga artis Jamal Mirdad, Gita KDI, Anisa Bahar, Narji, dan Kristina turut mengikuti Pileg 2024 di Jawa Tengah.

9. Mulan Jameela raih 33.952 suara di Jawa Barat XI

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara(instagram.com/mulanjameela1)

Di posisi terakhir, terdapat penyanyi Mulan Jameela. Sebagai anggota DPR periode 2019-2024, ia masih memiliki basis dukungan yang kuat di dapil Jawa Barat.

Istri Ahmad Dhani itu meraih 33.952 suara melalui Partai Gerindra, yang membuatnya mampu menggeser posisi artis lainnya yang juga ikut maju sebagai caleg di Dapil Jawa Barat XI, seperti Ali Syakieb, Ronal Surapradja, dan Didi Riyadi.

10. Rachel Maryam meraih 30.720 suara di Jabar II

Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara(Instagram/@rachelmaryams)

Rachel Maryam Sayidina yang maju sebagai caleg Partai Gerindra untuk Dapil Jabar II, berhasil memperoleh 30.720 suara. Dia mengungguli rekan separtainya yang merupakan legenda bulu tangkis, Taufik Hidayat, yang hanya memperoleh 24.562 suara.

Di dapil yang sama, Rachel juga berhasil mengalahkan dua selebritas lainnya dari PDIP yakni Hengki Kurniawan yang memperoleh 16.769 suara dan komedian Denny Cagur yang hanya memperoleh 16.450 suara.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya