Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta Delay

AP II masih mendata jumlah penumpang yang refund tiket

Tangerang, IDN Times - PT Angkasa Pura II memperkirakan ada puluhan penerbangan yang tertunda atau delay akibat adanya kemacetan di akses masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Kemacetan cukup parah terjadi akibat membeludaknya massa simpatisan Rizieq Shihab pada Selasa (10/11/2020).

VP of Corporate Communication and Legal PT Angkasa Pura II, Yado Yarosmano membenarkan adanya delay dari berbagai maskapai.

"Iya, memang ada delay," kata Yado.

1. Ada 30 sampai 40 penerbangan yang mengalami delay

Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta DelayCalon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Yado menuturkan, dalam sehari, seharusnya ada 500 sampai 550 penerbangan yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Bila dilihat jadwal pagi hari, ada sekitar 30 sampai 40 penerbangan yang mengalami delay.

"Ada sekitar 30 sampai 40 flight yang delay, ini bisa di-reschedule," ujar Yado.

Baca Juga: Simpatisan Rizieq Bubar, Akses Menuju Bandara Soetta Masih Lumpuh

2. Tidak ada maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan

Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta DelayCalon penumpang mengantre saat pengecekan tiket pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Yado membantah jika banyak maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan dan menjadi viral di berbagai media sosial lantaran adanya massa penjemputan Rizieq Shihab. Melainkan jadwal tersebut sudah tersusun sejak enam bulan lalu atau disusun dari awal.

"Maskapai itu menjadwalkan atau mengajukan slot penerbangan dari jauh-jauh hari, per season, bisa 6 bulan sebelum hari ini, jadi cancel flight itu juga sudah disusun sejak jauh-jauh hari," tutur Yado.

3. Masih mendata jumlah pasti penumpang yang melakukan reschedule dan refund

Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta DelayCalon penumpang antre untuk check in, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (26/10/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Meski begitu, baik maskapai maupun PT Angkasa Pura II tengah mendata dengan pasti, berapa banyak penumpang yang terdampak dan me-reschedule tiket penerbangan mereka. 

"Untuk pastinya berapa, tim kami masih mendata di lapangan karena kan baru terjadi reschedule dan refund penumpangnya," ungkapnya.

Baca Juga: Imbas Kemacetan Akses Bandara Soetta, Garuda Gratiskan Refund Tiket 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya