10 Nama Capres Pilihan NU di Survei CSIIS, Khofifah hingga Yenny Wahid

CSIIS merilis 10 nama tokoh yang dipilih warga NU maju 2024

Jakarta, IDN Times - Lembaga peneliti Center for Strategic Islamic and International Studies (CSIIS) merilis hasil survei opinion leaders calon presiden 2024 pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU). Ada total 10 nama yang muncul dalam survei ini, termasuk putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid.

Yenny Wahid menduduki posisi sembilan dengan elektabilitas sebesar 4 persen. Meski tergolong rendah, elektabilitas Yenny Wahid berada di atas eks Ketua Umum PBNU Said Aqiel Siradj yang menduduki posisi sepuluh dengan elektabilitas 3 persen.

“Nama Yenny Wahid masih disebut meski sayup-sayup. Publik NU membaca putri kedua Gus Dur ini telah menemukan jalan politiknya sendiri,” kata Direktur Eksekutif CSIIS Sholeh Basyari, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga: Survei CSIIS: Khofifah-Cak Imin Jadi Capres Paling Diminati Warga NU

1. Yenny Wahid disebut kurang berminat unjuk gigi di Pemilu 2024

10 Nama Capres Pilihan NU di Survei CSIIS, Khofifah hingga Yenny WahidYenny Wahid (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sholeh menilai rendahnya elektabilitas Yenny Wahid disebabkan karena putri Gus Dur itu kurang melakukan aktualisasi diri di dalam tubuh fraksi PKB. Yenny juga dinilai kurang menerjunkan diri dalam dunia politik.

Kendati demikian, nama Yenny Wahid tetap disebut oleh warga NU meski kurang ‘tampil’ dalam dunia politik di Indonesia.

“Yenny tampak tidak bergairah melakukan aktualisasi dan presentasi dirinya baik di PKB, lebih-lebih di suprastruktur politik. Kalangan kyai juga melihat, Yenny seakan tidak merasa perlu merawat dukungan kaum nahdliyin pada Gus Dur, terutama terkait PKB,” kata Sholeh.

Baca Juga: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies Capres Terkuat versi Survei SMRC 

2. Sosok baru NU, Menag Yaqut di posisi enam

10 Nama Capres Pilihan NU di Survei CSIIS, Khofifah hingga Yenny WahidMenteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Dok. IDN Times/Istimewa)

CSIIS menyebut ada wajah baru yang diminati milenial NU sebagai bakal capres 2024. Nama Menag Yaqut Cholil Qoumas muncul di posisi enam dengan elektabilitas 7 persen, jauh berada di atas sang kakak, Said Aqiel Siradj dengan elektabilitas 3 persen.

“Kontroversi dan percaya diri Menag Yaqut menghadapi gelombang protes atas sejumlah pernyataan yang ia sampaikan, justru menjadi pemantik dukungan sekaligus dibaca bahwa adik kandung Ketua Umum PBNU ini, memiliki karakter istimewa,” tutur Sholeh.

Baca Juga: Riset CSIIS: Prabowo Subianto Dominasi Kandidat Capres dari TNI-Polri

3. 10 nama tokoh pilihan warga NU maju di Pemilu 2024

10 Nama Capres Pilihan NU di Survei CSIIS, Khofifah hingga Yenny WahidKetua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (IDN Times/Daruwaskita)

Total ada 10 nama tokoh yang dipilih warga NU untuk maju dalam bursa Capres 2024.

Pertama Gubernur Jateng Khofifah Indarparawansa dengan elektabilitas tertinggi 18 persen. Di posisi kedua ada nama Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin 17,5 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 13 persen, Gubernur Jatim Ganjar Pranowo 12,5 persen, dan Menhan Prabowo Subianto di posisi lima dengan elektabilitas 12 persen.

Menyusul Prabowo, ada nama Menag Yaqut Cholil Qoumas di posisi enam dengan elektabilitas 7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6 persen, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 5 persen, Yenny Wahid 4 persen, dan mantan Ketum PBNU Said Aqiel Siradj 3 persen.

Survei ini dilakukan selama satu hari pada 1 April 2022 kepada 600 warga NU di 118 kabupaten kota di Jatim, Jateng, DIY, Jabar, DKI, dan Banten. Margin of error survei ini sebesar 2,5 persen.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya