Comscore Tracker

Burhanuddin Muhtadi: Millennial Melek Politik Uang dan Polarisasi

Burhanuddin jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan generasi milenial dan Gen Z di Indonesia saat ini sudah lebih sadar dengan politik uang dan polarisasi atau politik identitas.

Burhanuddin sebelumnya menjelaskan bahwa ada kecenderungan generasi Z dan milenial lebih optimistis terhadap dunia politik. Namun mereka juga lebih kritis terhadap berjalannya sistem demokrasi.

“Saya punya survei khusus tentang Gen Z dan milenial, temuannya memang lebih optimistic, studi saya dan studi IDN itu membantah kalau anak muda gak peduli politik. Mereka tahu betapa pentingnya politik dan saking mereka tahu apa itu politik, mereka jadi lebih kritis dengan politik,” kata Burhanuddin dalam acara Indonesia Millenial and Gen Z Summit (IMGS), Jumat (30/9/2022).

Burhanuddin mengatakan banyak anak muda lebih toleran daripada generasi tua. Sebabnya generasi muda lebih peduli dengan lingkungan dan cenderung mendapat pendidikan atau informasi dengan lebih mudah karena perkembangan teknologi.

“Itu memungkinkan anak muda jadi lebih terdidik,” ucapnya.

Maka dari itu, Burhanuddin menilai lembaga penyelenggara partai politik bisa memberikan fasilitas yang mumpuni untuk generasi muda yang akan mengikuti Pemilu 2024.

“Jadi KPU sebagai penyelenggara pemilu harus memastikan memfasilitasi mereka dan bahwa politik yang ada itu betul-betul terbuka,” kata Burhanuddin.

Hari ini Burhanuddin menjadi pembicaraan dalam acara IMGS di depan ratusan audiens. Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Najwa Shihab: Kualitas Demokrasi Tergantung dari Asupan Informasi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya