Cak Imin Yakin Menangi Pilpres 2024 Bersama Prabowo

Banyak pertimbangan sebelum berkoalisi dengan Gerindra

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengungkap ada banyak pihak yang berusaha menjegal langkahnya untuk berkoalisi dengan Gerindra untuk Pemilu 2024.

Cak Imin menyebut, halangan itu berasal dari internal dan eksternal partai.

“Ada internal, ada eksternal, saya tidak bisa sebutkan,” kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

1. Banyak pertimbangan sebelum berkoalisi dengan Gerindra

Cak Imin Yakin Menangi Pilpres 2024 Bersama PrabowoKetum PKB Muhaimin Iskandar hadir di KPU untuk mendaftar peserta pemilu 2024, Senin (8/8/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Cak Imin mengaku ada banyak pertimbangan hingga PKB memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Namun Cak Imin enggan menjelaskan berbagai pertimbangan tersebut.

“Alhamdulilah semua tetap kita jalankan. Mohon izin minta permisi kepada semua yang pro-kontra bahwa ini tahapan yang harus dilalui PKB bersama Gerindra,” ucap dia.

Baca Juga: Cak Imin Bawa-bawa Gus Dur saat Beri Pantun Pujian untuk Prabowo 

2. Cak Imin yakin menang

Cak Imin Yakin Menangi Pilpres 2024 Bersama PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Meski menuai kontra dari beberapa pihak, Cak Imin optimistis bakal bisa memenangkan Pilpres 2024 bersama dengan Prabowo Subianto. Menurutnya semua pihak yang bersama PKB bakal memenangkan pertarungan Pilpres tersebut.

“Yakin menang (Pilpres 2024). Pokoknya yang sama PKB menang,” tutur dia.

Baca Juga: Koalisi dengan Gerindra, Cak Imin Masih Ngebet Jadi Calon Presiden

3. PKB-Gerindra resmi koalisi

Cak Imin Yakin Menangi Pilpres 2024 Bersama PrabowoRapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul pada Jumat (12/8/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Partai Gerindra dan PKB sebelumnya resmi menyepakati kerja sama politik jelang Pemilu 2024. Kedua partai politik mengumumkan koalisi dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Dalam pidato kebangsaan, Cak Imin mengatakan koalisi tersebut membawa kebahagiaan bagi PKB lantaran keduanya memiliki satu tujuan.

"Kita semua turut bahagia dan bangga, PKB dan Gerindra dipertemukan untuk satu tujuan untuk Indonesia adil makmur sejahtera," ujar Cak Imin, disambut tepuk tangan hadirin.

Cak Imin menegaskan PKB dan Gerindra merupakan kedua parpol dengan karakter dan ideologi yang sama.

"PKB dan Gerindra merupakan dua kekuatan parpol yang memiliki karakter ideologi semangat yang sama, Gerindra adalah parpol nasionalis agamis, PKB adalah partai agamis nasionalis, kesamaan ideologi gagasan dan cita-cita inilah yang merekatkan kita hari ini," tutur dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya