Daftar Wilayah yang Terancam Dihantam Badai Besok

Warga diminta waspada

Jakarta, IDN Times — Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, memprediksi hujan intensitas tinggi berpotensi menjadi ekstrem terjadi pada Rabu (28/12/2022). Ada beberapa wilayah yang akan mengalami kondisi tersebut.

Dwikorita mengatakan potensi hujan ekstrem itu bisa disertai angin kencang di sekitar wilayah Jabodetabek, Banten, hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dijelaskan Dwikorita, bahaya tersebut sesuai dengan deteksi dini dari BMKG pada 21 Desember 2022 lalu.

"Potensi cuaca ekstrem yang perlu disiagakan untuk hari ini hingga besok di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat," kata Dwikorita dalam konferensi pers, Selasa (27/12/2022).

Dwikorita juga menjelaskan terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia dikarenakan empat fenomena.

Pertama karena terdeteksi bibit siklon tropis di wilayah perairan Indonesia. Bersamaan dengan itu, terjadi seruak udara dingin bersamaan dengan monsun Asia yang melewati kepualauan Indonesia.

"Akibatnya, meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia, disertai dengan arus lintas equatorial (EUC) yang mengindikasikan adanya aliran massa udara dingin dari utara Indonesia masuk ke wilayah Indonesia," jelas Dwikorita.

Di samping itu, Indonesia juga mengalami fenomena La Nina yang menyebabkan peningkatan awan hujan di berbagai wilayah Indonesia.

"Maka perlu kami perbarui, berdasarkan analisis terkini kondisi dinamika atmosfer di sekitar Indonesia masih berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan, mulai hari ini hingga 2 Januari 2023," tuturnya.

Baca Juga: Awas! Badai Dahsyat Ancam Hantam Jabodetabek Besok 28 Desember

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya