Comscore Tracker

Dekat dengan Ridwan Kamil, Ganjar dan Anies, PAN Usung Siapa di 2024?

PAN berkoalisi dengan Golkar dan PPP

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengakui, partainya memiliki kedekatan dengan tiga tokoh pemimpin daerah. Ketiganya diketahui masuk dalam bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Saleh membeberkan, tiga tokoh tersebut yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“PAN itu punya kedekatan yang baik dengan Ridwan Kamil, kami juga dekat dengan calon lain, Anies Baswedan, begitu juga dengan Ganjar Pranowo,” kata Saleh saat ditemui di Senayan, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Golkar-PAN-PPP Koalisi, Demokrat Tak Ingin Buru-buru

1. PAN belum tentukan pasangan yang akan diusung di Pilpres 2024

Dekat dengan Ridwan Kamil, Ganjar dan Anies, PAN Usung Siapa di 2024? ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Saleh mengatakan, meski punya kedekatan dengan tiga pemimpin daerah tersebut, pihaknya belum memutuskan akan mengusung siapa untuk maju di Pilpres 2024.

Selain itu, PAN mengaku Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan PAN belum memutuskan pasangan calon yang akan diusung dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

“Untuk menentukan Ridwan Kamil itu diusung atau tidak, itu tidak bisa sendiri-sendiri. Jadi soal pengusungan akan dibicarakan bersama-sama PAN, PPP, dan Golkar,” ujar Saleh.

2. Banyak pertemuan dengan Anies Baswedan

Dekat dengan Ridwan Kamil, Ganjar dan Anies, PAN Usung Siapa di 2024?Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) bersama Ahmad Sahroni dan Zulkifli Hasan, Senin (2/5/2022) (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, Saleh juga membeberkan bahwa PAN telah beberapa kali bertemu dengan Anies Baswedan. Dia juga mengungkap bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Anies Baswedan menunaikan salat Idul Fitri bersama-sama di Jakarta International Stadium (JIS).

“Kami juga sangat dekat dengan Anies Baswedan. Kemarin saat salat Idul Fitri saja bang Zul (Zulkifli Hasan) di JIS, itu menunjukkan kedekatan luar biasa dengan Anies,” ujar Saleh.

Menurutnya kedekatan dengan beberapa tokoh di musim Pemilu 2024 ini merupakan hal yang wajar. Terkait dengan siapa yang akan diusung koalisinya dalam pemilu mendatang, dia menyebut akan mempertimbangkan tokoh dengan elektabilitas tinggi.

“Kami bicara soal kekeluargaan, sosial, politik. Kami dekat dengan tokoh-tokoh. Terutama dengan tokoh politik lainnya yang saya kira punya elektabilitas cukup dan bisa jadi pertimbangan calon pemimpin nasional,” ungkapnya.

3. KIB terbuka dengan parpol lain

Dekat dengan Ridwan Kamil, Ganjar dan Anies, PAN Usung Siapa di 2024?Airlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya diketahui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil. Meski demikian, belum ada deklarasi paslon dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Koalisi ini disebut masih terbuka dengan parpol lain yang ingin bergabung bersama untuk Pemilu 2024. Wakil ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut, koalisinya sangat terbuka baik dengan parpol atau masyarakat lain yang ingin maju dalam Pilpres 2024.

“Ini baru tiga parpol silaturahmi Pak Airlangga kan banyak partai, jadi Golkar juga sejak awal berkomitmen menjadi partai yang terbuka yang bisa bekerja sama dengan parpol mana saja," kata Ahmad Doli Kurnia, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/05/2022).

Baca Juga: Juli 2022 Ridwan Kamil Gabung Partai, Fix Pilih Golkar?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya