Delegasi Y20 Akan Keliling Jakarta, Keliling JIS-Istiqlal-Katedral

Delegasi Y20 dikenalkan keberagaman di Jakarta

Jakarta, IDN Times — Co-chair Youth 20 (Y20) Michael Victor Sianipar mengatakan seluruh delegasi Y20 akan dibawa berkeliling Jakarta. Sebanyak 90 delegasi dari seluruh dunia itu akan dibawa berkeliling ke Jakarta International Stadium (JIS), Masjid Istiqlal, dan naik kapal pinisi di Kepulauan Seribu.

“Besok juga akan dilanjutkan dengan kegiatan di mana para delegasi akan dibawa keliling (Jakarta) baik itu ke JIS dan juga naik pinishi di sekitar utara kemudian juga ke masjid istiqlal dan katedral,” katanya di Hotel Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022).

1. Delegasi dikenalkan keberagaman di Jakarta

Delegasi Y20 Akan Keliling Jakarta, Keliling JIS-Istiqlal-KatedralUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Michael menjelaskan ketiga lokasi tersebut memiliki makna tersendiri yang dapat mencerminkan pembangunan di Indonesia.

Dia menjelaskan, kapal pinishi sebagai simbol di masa lalu, JIS masa depan, dan Masjid Istiqlal serta Gereja Katedral menunjukkan keberagaman.

“Dari unsur itulah kita kemudian menyusun jadwal. Ada juga rekomendasi kita diskusi dengan pemprov juga karena ini kegiatan bersama juga dengan dinas pariwisata dan dispora,” ucapnya.

Baca Juga: Puan Buka KTT Y20: Anak Muda Diharapkan Beri Ide Atasi Masalah Global

2. Delegasi China tak jadi hadir ke Jakarta

Delegasi Y20 Akan Keliling Jakarta, Keliling JIS-Istiqlal-KatedralPra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke III Y20 Indonesia Presidensi G20 Indonesia yang dilaksanakan di Balikpapan mengangkat isu besar tentang lingkungan. (IDN Times/Hilmansyah)

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mengatakan, awalnya jumlah delegasi yang hadir dalam forum ini mencapai 100 orang.

Namun salah satu delegasi dari China berhalangan hadir karena negaranya masih menerapkan kebijakan zero COVID-19.

Baca Juga: Lewat Y20, Millennial-Gen Z Indonesia Sumbang Aspirasi buat G20

3. Ada 90 delegasi luar negeri akan bahas empat isu prioritas

Delegasi Y20 Akan Keliling Jakarta, Keliling JIS-Istiqlal-KatedralGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pertemuan Forum Y20 di Jakarta, Senin (18/7/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Diketahui ada 90 delegasi Y20 yang saat ini telah berkumpul di Indonesia untuk membahas empat isu prioritas.

Nantinya para delegasi akan membahas empat isu prioritas seperti yang pertama soal tenaga kerja pemuda. Kedua transformasi digital. Ketiga, keberlangsungan planet. Keempat, keberagaman dan inkluasi.

Empat isu prioritas tersebut nantinya akan menjadi komunike yang akan dibahas di dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya