Demokrat Buka Kemungkinan Koalisi Anies-AHY di Pemilu 2024

Hasil survei SMRC jadi bahan pertimbangan Demokrat

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat buka suara soal tingginya elektabilitas Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bila dipasangkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pemilu 2024. Kemungkinan peluang koalisi antara AHY-Anies disebut terbuka saat ini.

“Apakah Ketum Partai Demokrat AHY akan berpasangan dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024, tentunya kemungkinan ini sangat terbuka,” kata Koordinator Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4/2022).

1. Hasil survei jadi bahan pertimbangan Demokrat

Demokrat Buka Kemungkinan Koalisi Anies-AHY di Pemilu 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Herzaky mengatakan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga riset beberapa waktu terakhir menjadi bahan pertimbangan Partai Demokrat dalam persiapan Pemilu 2024.

“Tentunya hasil yang ditunjukkan sejumlah lembaga survei ini, menjadi salah satu bahan pertimbangan kami dalam menentukan arah koalisi ke depannya,” kata Herzaky.

Namun dia juga menyadari bahwa survei hanya gambaran sementara. Pihaknya mengaku tidak terlena dengan hasil survei yang menyebut nama AHY dengan tingkat elektabilitas tinggi.

“Meski demikian, hasil survei hanya gambaran sementara, bukan memberikan suatu kepastian. Karena itu kami tidak boleh terlena,” tuturnya.

Baca Juga: Survei Median: AHY dan Ridwan Kamil Masuk Lima Besar Capres 2024

2. Demokrat sebut Anies dan AHY kawan lama

Demokrat Buka Kemungkinan Koalisi Anies-AHY di Pemilu 2024Anies Baswedan lakukan rapat secara virtual saat isolasi mandiri di Rumah Dinas Suropati, Menteng pada Rabu, 2 Desember 2020 (Instagram.com/aniesbaswedan)

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat ini juga menyinggung kedekatan antara Anies dan AHY. Keduanya disebut merupakan kawan lama dan teman berdiskusi satu sama lain.

“Ada chemistry yang sangat baik antara keduanya,” kata Herzaky.

Sejauh ini, Partai Demokrat mengaku belum membahas lebih dalam terkait strategi Pemilu 2024 dengan Anies-AHY. Pihaknya masih memprioritaskan menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat.

“Saat ini, bagi AHY dan Demokrat lebih prioritas menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai elemen bangsa dan tokoh-tokoh nasional, untuk menanggulangi pandemi dan memulihkan ekonomi nasional,” ucap Herzaky.

3. Nama AHY dalam beberapa lembaga survei

Demokrat Buka Kemungkinan Koalisi Anies-AHY di Pemilu 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dalam beberapa survei, nama AHY cenderung memang masuk lima besar tokoh yang memiliki elektabilitas untuk maju dalam perebutan kursi presiden.

Beberapa di antaranya yakni Indonesia Political Opinion (IPO) menyebut nama AHY di posisi ke tiga dengan elektabilitas 10,2 persen. Kemudian survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang memasangkan Anies-AHY dengan elektabilitas tertinggi dibanding Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

 

Baca Juga: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies Capres Terkuat versi Survei SMRC 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya