Demokrat Minta Jokowi Hati-Hati Reshuffle Kabinet: Ada yang Genit

Demokrat minta menteri di kabinet fokus pulihkan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menyebut Presiden Joko “Jokowi” Widodo mesti berhati-hati ketika mengusulkan reshuffle kabinet.

Herzaky mengatakan Jokowi perlu benar-benar melihat penilaian kinerja kabinetnya, agar reshuffle kabinet dilakukan sesuai kebutuhan.

“Beliau sebaiknya sangat berhati-hati jika memang benar akan melakukan reshuffle. Ada harapan besar rakyat di dalamnya jika benar Presiden Jokowi mau melakukan reshuffle,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2022).

Baca Juga: Clue Jokowi soal Menteri yang Kena Reshuffle, KSP: Jangan Buat Persepsi

1. Singgung reshuffle bukan langkah politis, tapi bermanfaat untuk rakyat

Demokrat Minta Jokowi Hati-Hati Reshuffle Kabinet: Ada yang GenitKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Juru Bicara Partai Demokrat ini juga menyinggung agar reshuffle tidak hanya menjadi langkah politis, yang tak membawa dampak pada masyarakat.

Menurut dia harapan di masyarakat yang menginginkan perubahan dan perbaikan dalam hal ekonomi, perlu menjadi pertimbangan Jokowi jika ingin melakukan reshuffle.

“Harapan agar reshuffle ini jika benar-benar terjadi bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, bukan langkah politis semata, yang tak berdampak apa-apa bagi nasib rakyat banyak yang kesusahan sejak pandemik,” ujarnya.

2. Singgung waktu kerja Jokowi tinggal dua tahun

Demokrat Minta Jokowi Hati-Hati Reshuffle Kabinet: Ada yang GenitPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Partai Demokrat juga menyoroti waktu kerja Jokowi yang tinggal dua tahun lagi. Herzaky menilai banyak harapan masyarakat agar kinerja kabinet semakin membaik.

“Waktu bekerja tinggal dua tahun, rakyat tentu berharap kinerja kabinet ini semakin membaik dan para menteri Jokowi fokus memulihkan kondisi negeri. Bukan malah bergenit-genit ria memanfaatkan jabatan untuk kampanye,” kata Herzaky.

Baca Juga: Saling Sindir PDIP-NasDem Soal Reshuffle Kabinet 

3. Jokowi beri clue reshuffle kabinet

Demokrat Minta Jokowi Hati-Hati Reshuffle Kabinet: Ada yang Genitkominfo.go.id

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali santer terdengar. Saat peresmian Stasiun Manggarai Tahap I, Jakarta, Jokowi ditanya sejumlah jurnalis terkait isu reshuffle.

Kendati, Jokowi tidak menjelaskan gamblang perihal perombakan menteri kabinetnya. Dia hanya memberikan clue dengan gestur tubuh, saat dimintai kisi-kisi siapa yang akan terkena reshuffle.

“Clue-nya (jari tangan membentuk huruf O). Ya sudah,” ucap dia, tersenyum.

Baca Juga: Clue Jokowi soal Menteri yang Kena Reshuffle, KSP: Jangan Buat Persepsi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya