Dirumorkan Mau Nyapres 2024, Ini Respons Airlangga 

Airlangga disebut mau mencalonkan diri dalam Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, merespons kabar dirinya yang dirumorkan jadi salah satu dari empat menteri yang mencalonkan diri di Pilpres 2024.

Dia tak langsung menjawab perilah isu tersebut. Airlangga malah menyampaikan doa kepada orang yang maju bisa dilancarkan oleh Yang Maha Kuasa.

“Doanya saja semoga mabrur,” kata Airlangga kepada wartawan di Kantor DPP Golkar, Senin (18/4/2022).

1. Panda Nababan sebut ada 4 menteri mau jadi capres di 2024

Dirumorkan Mau Nyapres 2024, Ini Respons Airlangga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Kabar 4 menteri yang akan mencalonkan diri sebagai capres di 2024 sebelumnya dilontarkan Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Panda Nababan, dalam sebuah wawancara singkat di YouTube Detikcom, beberapa waktu lalu.

Panda Nababan sebelumnya meyakini Presiden Joko “Jokowi” Widodo menolak usulan perpanjangan masa jabatan presiden sejak awal ide tersebut digulirkan. Untuk memperkuat pernyataannya, Panda mengungkap sekelumit cerita dari balik tembok Istana soal 'persiapan' Pemilu 2024.

Panda menuturkan Jokowi sudah mengumpulkan menteri-menterinya dan bertanya soal hasrat mereka maju Pilpres 2024. Sejumlah menteri menyatakan keinginannya untuk bertarung di Pilpres 2024 ke Jokowi.

Baca Juga: Luhut Ingin Jadi Penasihat Jokowi Usai 2024, Ogah Ditawari Menteri

2. Menteri-menteri yang mau jadi capres menurut Panda Nababan

Dirumorkan Mau Nyapres 2024, Ini Respons Airlangga kominfo.go.id

Disebutkan, salah satu menteri yang ingin mencalonkan diri adalah Menko Perekenomian Airlangga Hartarto. Menurut Panda Nababan, Airlangga mengaku ingin maju sebagai capres 2024.

"Presiden Jokowi, yang kudengar cerita, dia sudah tanya Airlangga (Menteri Koordinator Perekonomian), mau maju nggak jadi Presiden, jawab Airlangga maju," kata Panda.

Jokowi juga menanyakan hal yang sama kepada Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Bahkan Jokowi juga sudah bertanya kepada Ketua DPR Puan Maharani.

"(Jokowi) tanya Sandiaga Uno, Sandiaga Uno bilang maju. Dia tanya Erick, maju. Dia tanya Puan, maju," kata Panda.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga ditanya Jokowi tentang keinginannya maju dalam Pilpres 2024. Namun memang jawaban Prabowo tak seluwes empat tokoh lainnya.

"Dia tanya Prabowo, dia bilang, 'Kalau ada izin bapak', kata Prabowo," ujar Panda.

3. Jelang Pemilu Airlangga buat acara silaturahmi

Dirumorkan Mau Nyapres 2024, Ini Respons Airlangga Sejumlah elite Partai Golkar (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Airlangga sebelumnya menggelar acara silaturahmi antar kader di DPP Partai Golkar di Slipi, Jakarta Barat. Dia menyampaikan selama dua tahun pandemik COVID-19, kader Golkar bisa tetap bekerja maksimal.

Pihaknya juga bisa mengadakan vaksin COVID-19 untuk para kader dan masyarakat sekitar.

“Kita bersyukur karena ini sudah dua tahun pandemik COVID-19 dan bersyukur karena ini sudah dua tahun pandemik COVID-19 dan seluruhnya berjalan dengan baik,” kata Airlangga.

Baca Juga: Relawan Ibu-Ibu di Sumbar Deklarasi Dukung Airlangga Maju Pilpres 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya